✔ Cara Membuat Media Tanaman Hidroponik

√ Cara Membuat Media Tanaman Hidroponik Anda bisa melakukan cara membuat media tanam dari pipa paralon dengan sesederhana mingkin. Anda bisa melakukan langkah-langkah sederhana dengan pipa paralon sebagai media tanam hidroponik. Pada artikel kal ini akan mengulas bagaimana cara membuat media tanam dari pipa paralon sebagai metode bercocok tanam hidroponik. 

Hidroponik sebagai teknik bercocok tanam yang tengah tren dan populer di masyarakat menyebabkan minta dan perhatian masyarakat akan hal tersebut mengalami peningkatan. Selain itu, mudahnya proses dan tingkat kebutuhan yang tinggi juga memengaruhi kegiatan bercocok tanama tanpa tanah sebagai media tanam ini.



Dengan menggunakan pipa paralon bekas Anda bisa membuatnya untuk media tanam dengan teknik yang begitu sederhana untuk pemula. Anda mengaplikasikan konsep yang sudah umum dalam melakukan kegiatan ini dengan mengarah ke pipa paralon dengan struktur sambung-menyambung dan berkelit-kelit merangkai satu rangkaian hidroponik vertikal atau bisa juga dilakukan dengan bentuk lainnya dengan menggunakan dasar dan prinsip yang sesuai.

Berikut ini adalah cara membuat media tanama dari pipa paralon yang bisa Anda lakukan. Berikut ini akan dipaparkan mengenai alat dan bahan yang diperlukan untuk sistem paralon sederhana sebagai berikut. 

Bahan dan Alat untuk media tanam dari pipa paralon

1. Beberapa batang pipa paralon sesuia kebutuhan

2. Net pot dengan ukura lebih kecil dibanding diameter paralon yang digunakan. Cup dari gelas plastik air mineral juga bisa dipergunakan dengan memberi lubang di sekelilingnya menyerupai net pot.

3. Selanjutnya, penutup paralon. 

Untuk bahannya sendiri yang harus Anda sediakan adalah:

1. Air

2. Nutrisi tanaman yang khusus untuk tanaman hidroponik. Anda bisa buat sendiri atau beli yang bisa dicampur air

3. Pelet tanah liat atau kerikil untuk edia tanam hidroponik

4. Tanam hidroponik yang masih muda dan sudah berakar juga berdaun dua

Langkah pembuatan media tanam dari pipa paralon

1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melubangi pipa paralon sebesar diameter pada net pot. Apabila Anda menggunakan pipa paralon yang lumayan panjang, berikan jarak antar lubang yang satu dengan yang lain 15 cm. Hal tersebut berguna untuk tanaman tumbuh dengan bebas. 

2. Tutuplah kedua ujung paralon menggunakan tutup khusus paralon. Jika Anda tidak mempunyai tutup khusus bisa menggunakan plastik saja. Tutup sampai air tidak bocor.

3. Langkah selanjutnya isi paralon dengan air serta tambahkan nutrisi tanaman hidroponik. Air yang diisi jangan diisi terlalu penuh karena bisa meluap saat net pot dimasukkan ke dalam lubang pipa.

3. Tanam tanaman dalam cup dengan menggunakan media tanam, seperti pelet tanah liat atau kerikil.

4. Kemudian Anda bisa masukkan net pot tersebut pada lubang yang sudah terbentuk dengan memastikan pada ujung atas net pot tidak masuk ke dalam lubang paralon biar tidak tenggelam nantinya.

5. Anda juga harus cek volume air secara berkala dan juga pada akar tanaman secara berkala. Jika akarnya sudah tampak lebat, Anda bisa sedikit mengguntingnya. 

Nah, apabila Anda mempunyai pipa paralon di rumah yang nganggur bisa banget dibuat sebagai media tanaman hidroponik. 

Sekian artikel cara membuat media tanam dari pipa paralon yang sederhana. Kegiatan bercocok tanam hidropinik ini bisa Anda lakukan di rumah dengan cara yang sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang mahal, dan bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah. Tidak lagi perlu menunda karena sangat mudah untuk dilakukan dan bahan yang dibutuhkan juga gampang untuk di temukan. 


LihatTutupKomentar