-->

Ads

Cabe Hidroponik NFT, Berikut Tipsnya

 TIPS Sistem Menanam Cabe Hidroponik Metode NFT


Tulisan kali ini yaitu TIPS sistem menanam cabe hidroponik sistem nft, Meski atau misalkan judul artikel ini sedikit berbeda,Namun jangan kuatir karena artikel kali ini yaitu membahas bagaimana kita menanam cabai dari awal atau nol sampai panen.


A. Benih cabe


Sistem menanam cabe tentu saja bermula dari benih. Pertama-tama tentu saja Anda sepatutnya mempunyai benih cabe yang berkwalitas. Cukup mudah memilih bibit cabe. Pilihlah bibit cabe yang masih segar. Kupas cabe lalu ambil bijinya. Sesudah itu jemur di bawah cahaya sang surya hingga kering. Metode lain untuk menerima benih cabe merupakan dengan membeli bibit cabe di toko. Tetapi seandainya Anda hendak menanam cabe dalam skala kecil, lebih bagus membikin benihnya sendiri. Bibit cabe yang dijual di warung lazimnya dalam sekala besar dan tentu saja mahal


B. Menyemai cabe



Langkah selanjutnya ialah dengan menyemai cabe. Gunakan polybag ukuran kecil sebagai media penyemaian. Masukkan tanah dan juga pupuk. Campur sampai tingginya polybag. Masukkan bibit cabe pada polybag dan siram tiap-tiap hari. Lebih detail lagi, begini cara menyemai bibit cabe supaya kencang tumbuh:

#Siapkan tempat penyemaian. Polybag umpamanya.

#Masukkan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 3:1.

#Biarkan pada daerah yang terlindung dari hujan dan cahaya sang surya selama 1 pekan.

#Rendam benih dalam air hangat selama 3 jam.

#Lalu letakkan benih pada polybag. Tutupi bibit dengan tanah kaprah-kaprah 1 cm saja kedalamannya.

#Tunggu hingga bibit berkecambah.

#Kemudian mulai diberi tahu dengan cahaya matahari segera.


C. Penanaman cabe


Sesudah berumur 4 pekan, pindahkan benih cabe pada lahan yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk menggemburkan tanah lahan dan memberikan pupuk. Berhati-hatilah saat melepaskan benih dari polybag supaya akar tidak rusak.


Apabila Anda tetap mengaplikasikan polybag, gunakanlah polybag dengan diameter minimal 30 cm. Bisa juga mengaplikasikan ember bekas yang sudah dibersihkan.


Gunakanlah perbandingan 3:2:1 dengan rincian tanah, pupuk, dan sekam mentah untuk tempat menanam.


D. Pemupukan cabe


Selama masa penanaman, rajinlah memberi pupuk. Pakai pupuk kompos sehingga cabe menjadi lebih organik.



E. Perawatan cabe


Jangan lupa untuk menyirami cabe tiap hari. Dan juga seringlah mengamati apakah ada tanaman lain yang tumbuh yang akan mengganggu pertumbuhan cabe. Sekiranya ada cabut secara rutin supaya cabe dapat tumbuh dengan bagus.


F. Panen


Dikala cabe telah tumbuh sempurna. Anda bisa menjalankan panen.


Sumber : http://websitepetanicabai.blogspot.com/2019/06/tips-cara-menanam-cabe-hidroponik_5.html

LihatTutupKomentar