-->

Ads

Cara Menanam Sayur Dengan Botol Bekas

Cara Menyulap Botol Bekas Menjadi Wadah Media Hidroponik


 Apakah kamu familier dengan istilah hidroponik botol? Kemungkinan tidak, namun BukaReview berani jamin kau pernah memandangnya di rumah-rumah perkotaan. Yak, cara hidroponik ini memang sedang populer. Pasalnya, metode membuat tanaman hidroponik dengan botol bekas ini merupakan solusi untuk dua situasi sulit sekalian.


Sistem ini memungkinkan kamu bercocok tanam di lahan yang sempit sekaligus memanfaatkan botol plastik bekas. Jadi, selain menciptakan buah-buahan, sayur, atau bunga kesukaanmu, kamu juga melakukan daur ulang dan penanaman pohon. Langkah yang cukup praktis untuk membawa perubahan positif.


Sebagian cara membuat tanaman hidroponik dengan botol bekas


Berbeda dengan sistem konvensional yang biasanya memerlukan tanah dan lahan luas, hidroponik bisa dijalankan di zona yang terbatas. Plus, media tanamnya malah tak seharusnya tanah. Dapat juga menerapkan rockwool, arang sekam, pasir, kerikil, hydrogel, dan berjenis-jenis media tanam lainnya.


Wadah yang digunakan malah banyak. Pipa, ember plastik, bekas wadah cat, kontainer plastik, dan botol bekas merupakan pilihan yang paling tak jarang diterapkan. Tapi, dalam tulisan kali ini, wadah yang akan dibahas merupakan botol plastik bekas. Berikut ini sistem untuk mewujudkan sampah botol plastik sebagai wadah media hidroponikmu. Yuk simak kiat untuk mendesain ulang barang bekasmu agar tampak indah saat diaplikasikan sebagai pot tanaman hidroponik.


Botol bekas yang digantung



Botol plastik akan betul-betul gampang kita jumpai di setiap titik tempat. Susahnya plastik untuk terurai menyebabkan botol plastik menjadi sampah yang dapat menyebabkan banjir sebab dapat menghalangi aliran air apabila dibuang sembarangan. Untuk meminimalisir banyaknya sampah botol plastik ini di jalanan, ada baiknya kamu merubahnya menjadi pot tanaman hidroponik yang dapat kau gantung dan lebih dapat bermanfaat.


Kau dapat menggunting salah satu sisi botol dengan bentuk persegi panjang sebagai daerah untuk memasukkan media tanam dan tanaman. Kemudian sisi botol yang lain diberikan lubang sebagai jalan keluarnya air yang berlebih sehingga tanaman tak terlalu tergenang air atau larutan nutrisi. Kaitkan satu botol dengan botol lain dengan mengaplikasikan tali dan gantung di tempat yang kamu inginkan seperti pagar rumah atau dinding rumah.


Media tanam yang dipakai pada pot botol plastik tipe ini antara lain pasir, arang sekam ataupun kerikil. Kau dapat menanam pelbagai jenis tanaman seperti sayuran daun maupun tanaman menjalar lainnya. Tempatkan tanaman yang perlu sinar lebih banyak di level paling atas dan yang paling sedikit membutuhkan sinar matahari di komponen paling bawah.


Merekatkan pot botol di dinding



Pot botol bekas yang sudah jadi bisa juga dilekatkan atau dipaku di dinding dan di susun bersela untuk ciptakan hiasan dinding yang indah tetapi konsisten bisa produktif. Kau dapat menanam sayuran hijau atau tanaman hias pelbagai tipe sehingga menjadikannya lebih menarik untuk dipandang. Kamu dapat meletakkannya di dinding luar rumah atau pagar semen rumahmu sehingga tidak terlihat kosong.


Botol bekas untuk rakit apung



Kamu dapat juga memotong botol plastik menjadi dua bagian, merupakan komponen atas botol dan komponen bawah botol. Komponen atas botol dipakai untuk meletakkan media tanam seperti rockwool atau busa dan tanaman yang akan diterapkan. Tutup botol yang ada dilepaskan dan pastikan akar bisa menggantung dengan tepat.


Posisikan komponen atas dengan terbalik dan letakkan tanaman yang telah dibungkus oleh media tanam di komponen batang bawah di lubang botol. Pastikan akar menggantung dengan total melewati mulut botol.


Bagian bawah botol digunakan untuk tempat larutan gizi AB Mix atau air sehingga dapat diungkap pasang tanpa mengganggu tanaman. Bagian atas botol diletakkan di atas komponen bawah botol secara terbalik, pastikan akar tanaman seluruhnya menyentuh larutan gizi sehingga tanaman bisa tumbuh dengan optimal. Kau bisa meletakkan pot tanaman ini di rak-rak gantung atau meletakkannya di jendela kamar sebagai penghias kamar.


Itulah kiat yang dapat kamu ikuti untuk mengubah sampah botol bekas supaya lebih bisa berkhasiat sebagai media hidroponik. Kau dapat memakai botol bekas dengan wujud apa saja. Kecuali murah, pot ini juga lebih ramah lingkungan sebab bisa mengurangi sampah yang ada di lingkungan dan dapat diaplikasikan berulang kali. Yuk tanam hidroponik di rumah kini!


Sumber : https://review.bukalapak.com/hobbies/yuk-sulap-sampah-menjadi-media-hidroponik-yang-cantik-ini-68919

LihatTutupKomentar