-->

Ads

Tanaman Hidroponik Sayuran Berbuah

8 Tanaman hidroponik buah, mudah ditanam dan cocok untuk inspirasi bisnis


Lazimnya orang bercocok tanam dengan menggunakan tanah. Tetapi, kini seiring perkembangan zaman ada sistem yang bisa dipilih, adalah dengan cara hidroponik. Menanam dengan sistem hidroponik bisa mengaplikasikan media seperti sabut kelapa, hydroton, rockwool, kerikil, dan juga serat kayu.


Nah jika biasanya orang-orang hanya menanam sayuran seperti kangkung, sawi, dan selada, kau juga dapat mencoba menanam buah-buahan. Tanaman hidroponik buah akan mempunyai keunggulan seperti tanaman sayuran yang ditanam dengan hidroponik. Salah satunya fase pertumbuhan tanaman juga lebih gampang dipegang sehingga hasil panennya lebih pesat, lebih bagus dan lebih banyak.


Menariknya, penanaman ini dapat praktis dilakukan di rumah. Tidak heran apabila seandainya dengan keunggulan-keunggulan hal yang demikian menjadikan bertanam buah dengan metode hidroponik digemari.


Apa saja tanaman hidroponik buah yang gampang ditanam? Berikut dirangkum brilio.net dari beraneka sumber, Kamis (4/2), delapan tanaman hidroponik buah, gampang ditanam dan pantas untuk inspirasi bisnis.


1. Strawberry.

Strawberry

Strawberry lazimnya dimanfaatkan sebagai produk makanan dan minuman, seperti selai, jus, hiasan makanan dan perasa minuman. Strawberry yang dikenal kaya akan vitamin C ini biasanya hidup di dataran tinggi.


Tetapi, bila dengan metode hidroponik, strawberry bisa ditanam di dataran rendah. Kecuali itu tanaman hidroponik strawberry bisanya menciptakan buah yang lebih banyak.


2. Tomat.

Tomat

Tomat yaitu salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Buah yang cenderung asam ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C, serta betakaroten yang betul-betul bermanfaat bagi tubuh.


Tomat yang ditanam dengan hidroponik lazimnya memberikan manfaat kepada peningkatan produktivitas panen. Serta dapat mewujudkan produk berkwalitas sungguh-sungguh baik.


3. Melon.

Melon

Tanaman melon adalah macam tanaman semusim dengan ciri khas batang merambat. Jadi sebelum buah melon yang kamu tanam membesar, karenanya patut disediakan daerah rambatannya.


Salah satu hal yang perlu diamati dalam perawatan melon hidroponik adalah memangkas tunas-tunas yang tak perlu supaya tak mengganggu pertumbuhan dan pembesaran buah. Tumbuhan melon juga membutuhkan sinar matahari yang cukup supaya mewujudkan buah berkualitas.


4. Semangka.

Semangka

Buah yang terkenal akan kandungan airnya yang betul-betul banyak ini juga dapat ditanam dengan cara hidroponik. Semangka memerlukan sedikit lahan yang luas.


Menanam semangka dengan sistem hidroponik juga memerlukan perhatian yang cukup ekstra dan ketelitian yang lebih. Seperti memutuskan media air benar-benar terbebas dari hama dan penyakit. Lakukan pembersihan gulma dan pemberian pupuk susulan supaya pertumbuhan tanaman berjalan maksimal.


5. Cabai.

Cabai

Cabe atau cabai merupakan sejenis tanaman buah dan genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran atau bumbu, tergantung pengaplikasiannya.


Menanam cabe secara hidroponik mungkin telah sangat familiar dan banyak dilaksanakan petani. Dalam penanaman ini kamu perlu memandang perawatan, di mana kau seharusnya rutin mengatur kadar air dan memberi larutan gizi secara terjadwal .


6. Paprika.

Paprika

Paprika yaitu macam tanaman cabai, melainkan formatnya mirip terong. Cabai paprika memiliki warna yang bermacam-macam, seperti ungu, merah, dan hijau. Dikutip dari trees.com, paprika memerlukan kondisi pertumbuhan yang sama seperti tomat, yakni butuh suhu hangat dan pencahayaan yang banyak.


7. Anggur.

Anggur

Buah anggur membutuhkan perawatan yang intensif supaya tumbuh subur. Tapi, tanaman yang satu ini cuma membutuhkan sistem hidroponik yang simpel loh.


Kau cuma membutuhkan bucket system untuk menanam anggur. Jangan lupa perhatikan pembusukan akar dan dan pastikan tanaman anggur menerima banyak air.


8. Blueberry.

Blueberry

Satu lagi jenis buah yang bisa tumbuh dengan bagus dikala ditanam memakai teknik hidroponik. Ya, blueberry memang kurang produktif sekiranya ditanam pada tanah yang subur. Bahkan, dari seluruh variasi tanaman yang bisa di tanam di polibag, blueberry tak mempunyai keistimewaan hal yang demikian.


Tersebut ini disebabkan sensitivitas yang tinggi kepada elemen kimia pada buah imut berwarna biru ini. Blueberry paling bagus seandainya ditanam dengan media sabut kelapa.


Sumber : https://www.brilio.net/wow/8-tanaman-hidroponik-buah-mudah-ditanam-dan-cocok-untuk-ide-bisnis-210204y.html

LihatTutupKomentar