-->

✔️ Sayuran Apa Aja Yang Hidroponik

Sayuran Apa Aja Yang Hidroponik Bayangkan memiliki kebun sayur sendiri di pekarangan rumah. Saat musim panen, Anda bisa memetiknya dan mengolahnya sendiri, bahkan bisa dijual lagi. Selain lebih hemat, menanam sayuran sendiri juga dijamin lebih bersih.


Jenis Tanaman Sayuran Hidroponik

Cara tanam hidroponik sering disukai masyarakat sebagai alternatif penanaman tanpa membutuhkan lahan yang luas. Belakangan ini, penanaman Sayuran Hidroponik juga semakin populer untuk mengisi waktu mudik. Namun tidak semua tanaman dapat menggunakan metode hidroponik. Bagi yang ingin mencoba menanam sayuran secara hidroponik, simak jenis-jenisnya di bawah ini:





Bawang perai

Daun bawang merupakan salah satu jenis sayuran yang sering menjadi pelengkap masakan. Namun, meski hanya menggunakan 2-3 batang, Anda harus membeli satu paket daun bawang, bukan? Tidak jarang beberapa daun bawang layu dan menguning sebelum digunakan. Sebagai tanaman yang membutuhkan banyak air, daun bawang sangat cocok ditanam secara hidroponik.

Selain air, daun bawang membutuhkan sinar matahari sekitar 12-14 jam per hari. Tempatkan tanaman daun bawang di tempat yang mudah terkena sinar matahari. Tunggu 6-8 minggu untuk panen pertama dan 3-4 minggu untuk panen berikutnya.


Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat. Selain berbagai mineral, vitamin A, B dan C, bayam juga mengandung zat besi yang lebih tinggi dibanding sayuran lainnya. Tak hanya menyehatkan tubuh lho, bayam juga bisa ditanam dengan mudah secara hidroponik.

Seperti yang Anda ketahui bayam merupakan salah satu sayuran daun yang mudah tumbuh dengan menggunakan air. Tidak seperti daun bawang, bayam tidak terlalu membutuhkan banyak sinar matahari. Hanya dalam 12 minggu Anda bisa memanen bayam sesuka hati.

 

Selada

Tanaman sayuran hidroponik yang mudah tumbuh selanjutnya adalah selada. Selada dapat tumbuh dengan cepat secara hidroponik dan cara perawatannya pun mudah. Namun, meski tidak ribet, jangan sampai mengabaikan perawatannya. Pastikan tanaman selada Anda selalu mendapat sinar matahari dan nutrisi yang cukup. Umur panen cukup pendek yaitu sekitar 30 hari.


Apa Saja Sayuran yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik di Rumah?

 

Seledri

Seledri merupakan sayuran andalan dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit, mulai dari penurun kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga nyeri sendi. Sayuran bergizi ini juga memiliki aroma segar yang membuat masakan semakin nikmat. Anda juga bisa mencoba menanam seledri secara hidroponik di rumah. Anda bisa memanennya setelah 1-1,5 bulan dan prosesnya bisa diulang setiap 5-6 hari.



Sawi hijau

Tanaman sayuran hidroponik ini juga bisa dicoba oleh para pemula. Sawi hijau mampu beradaptasi dengan lingkungan dan berbagai media tanam, bahkan tahan hujan. Sedangkan sawi hidroponik bisa dipanen setelah 2-3 bulan.





Timun

Mentimun merupakan salah satu sayuran yang memiliki berbagai manfaat, mulai dari pelengkap masakan, minuman, hingga perawatan kulit. Bisakah Anda bayangkan betapa bermanfaatnya jika Anda menanam mentimun sendiri di rumah? Semua jenis ketimun bisa ditanam secara hidroponik dengan cukup mudah. Anda bisa memanennya pada usia sekitar 2-3 bulan.


Baca Juga :

 

Brokoli

Tanaman sayuran hidroponik ini kerap menjadi andalan asupan makanan sehat. Meski menanam brokoli secara hidroponik cenderung lebih menantang dan membutuhkan perhatian lebih. Masa panen cukup lama yaitu 2-3 bulan. Namun sangat sepadan dengan hasilnya, apalagi brokoli hidroponik memiliki nilai jual yang tinggi.

LihatTutupKomentar