-->

Ads

✔️Apakah AB Mix Berbahaya

Apakah AB Mix Berbahaya  Nutrisi hidroponik adalah kunci utama dalam hidroponik, kita bisa membeli / meracik sendiri nutrisi hidroponik. Pupuk Hidroponik sering juga disebut Nutrisi Campuran AB karena umumnya terdiri dari 2 kemasan yaitu kemasan A dan kemasan B. Nutrisi yang ada di pasaran sebagian besar masih dalam kemasan bubuk, sehingga harus kita larutkan sendiri agar bisa digunakan dan diterapkan dalam Sistem Hidroponik.


Bagi Anda yang saat ini menjadi penggemar tanaman hidroponik, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nutrisi yang digunakan dalam budidaya hidroponik. Sedangkan Nutrisi AB Mix merupakan salah satu nutrisi hidroponik yang popular, dan dapat digunakan untuk budidaya tanaman hidroponik. sementara AB Mix merupakan campuran pupuk A dan pupuk B. Sedangkan pupuk A mengandung kalium, sedangkan pupuk B mengandung sulfat dan fosfat.


8villages



Ketiga unsur ini tidak boleh dicampur dalam keadaan pekat agar tidak menimbulkan endapan. Perlu diperhatikan bahwa akar tanaman hanya dapat menyerap unsur Nutrisi yang telah terlarut sempurna dalam air. Jika unsur Nutrisi atau pupuk yang digunakan tidak terlarut sempurna maka akan menghambat penyerapan Nutrisi dan juga dapat menyebabkan penyumbatan pada pipa hidroponik.


Nutrisi hidroponik yang terdiri dari pupuk A dan pupuk B mengandung 9,90% NO3, 0,48% NH4, 4,83% P2O5, 16,50% K2O, 2,83% MgO, 11,48% CaO, 3,81% SO3, 0,013% B, 0,025% Mn, 0,015% Zn, 0,002% Cu, 0,003% Mo dan 0,037% Fe atau tergantung jenis tanamannya, baik untuk sayuran daun, buah-buahan atau lainnya.


Apa Hasil Nutrisi Campuran AB untuk Tanaman Hidroponik?

 

Dari hasil pembuatan larutan di atas, larutan pekat AB Mix A akan berwarna hijau kecoklatan sedangkan larutan pekat AB Mix B akan berwarna putih keruh. Setelah larutan pekat dibuat, penting juga untuk memperhatikan di mana dan bagaimana menyimpannya. Wadah penyimpanan atau jirigen di mana larutan pekat dikumpulkan tidak boleh terkena sinar matahari langsung dan disimpan di tempat yang gelap dan sejuk.

 


Hal ini berguna untuk menghindari tumbuhnya lumut dan jamur yang dapat menyerang akar tanaman dan menyebabkan penyakit busuk akar. Konsentrasi A dan B dalam penyimpanan tidak dapat tercampur karena jika kation Ca pada konsentrasi A bertemu dengan anion sulfat pada konsentrasi B maka akan terjadi reaksi yang menghasilkan endapan kalsium sulfat sehingga unsur Ca dan S tidak dapat diserap oleh akar. 


Tanaman juga akan menunjukkan gejala defisiensi Ca dan S. Begitu pula jika kation Ca pada konsentrasi A bertemu dengan anion fosfat pada konsentrasi B maka akan terjadi endapan kalsium fosfat, sehingga unsur Ca dan P tidak dapat diserap oleh akar. Keunggulan nutrisi hidroponik AB Mix adalah terdapat pada kelengkapan unsur Nutrisinya.


Sedangkan kekurangannya dapat menyebabkan tanaman terbakar jika diberikan kepada tanaman dalam dosis yang terlalu banyak (berlebihan). Saat ini nutrisi hidroponik tersedia untuk berbagai jenis tanaman seperti cabai atau cabai, tomat, melon, mentimun, terong, selada, anggrek, mawar, krisan, anthurium dan lain-lain.


Nutrisi AB Mix bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko pertanian atau toko online. Harga pupuk AB Mix untuk 250 gram berkisar Rp. 30.000. Untuk ukuran 1 kg harganya berada di kisaran 100 ribu rupiah. Demikian yang dapat kami jelaskan, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

 


LihatTutupKomentar