-->

Ads

✔️ Pandawa Farm Hidroponik Dan Bibit Tanaman

Padepokan Pandawa Lima, Agrowisata Peternakan & Perkebunan yang Cocok untuk Liburan


Ingin liburan tapi masih bingung menentukan destinasinya? Yuk, berlibur saja ke Agrowisata Padepokan Pandawa Lima.


Salah satu daerah pariwisata yang kerap dikunjungi oleh orang adalah Bandung, Jawa Barat. Bandung memiliki berbagai tempat wisata yang tak kalah menarik dengan wisata lainnya.


Salah satunya adalah Padepokan Pandawa Lima, sebuah agrowisata yang mengintegrasikan pertanian dengan peternakan. Padepokan yang berlokasi di Desa Suntenjaya, Cibodas, Lembang, Bandung Barat ini didirikan pada 19 Januari 2014.

Pandawa Farm


Dinamakan Padepokan Pandawa Lima karena usaha itu berawal dari 5 ekor domba jantan dan 25 ekor domba betina. Pemiliknya adalah Ibu Nani Sukmayani.


Hanya dengan tiket Rp 25 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati indahnya Perkebunan Aneka Buah dan Peternakan Domba yang tentunya sangat menambah wawasan dan berkesan.


Nah, apa saja yang bisa kamu dapatkan dari berkunjung ke Padepokan Pandawa Lima?


Peternakan Domba

Selain menyaksikan pemandangan yang indah, pengunjung dapat melihat berbagai sarana edukasi, salah satunya adalah domba-domba yang berjumlah 100 ekor.


Domba yang ada di padepokan ini bermacam-macam. Ada Domba Garut, Domba Merino, Domba Arjuna, Domba Brajamusti, Domba Nakula, dan Domba Sadewa (yang merupakan hasil breeding). Pengunjung dapat memberi makan domba bahkan bisa membeli domba yang dipilih dan bibit domba unggulan.

Domba Garut


Peternakan domba yang dikelola juga dimanfaatkan untuk menyuplai daging domba Qurban dan keperluan harian. Padepokan ini sudah bekerja sama dengan Yayasan BRC (Becham Ruqyah Center) dimana domba-domba tersebut di-distribusikan untuk keperluan Qurban.


Untuk Domba Qurban, harganya dimulai dari Rp 3,5 juta per ekor. Biasanya, banyak calon pembeli yang memesan ketika menjelang hari raya Idul Adha.


Perkebunan Hortikultura

Di padepokan ini, juga terdapat perkebunan hortikultura yang membudidayakan aneka buah seperti Jeruk, Sirsak, Pisang, Nangka Campedak, dan lain-lain. Jeruknya pun bervariasi, ada Jeruk Dekopon, Jeruk Lemon, Jeruk JOP, Jeruk Dekopon, Jeruk Chokun, dan Sunkist Baby Red.

Jeruk Chokun


Harganya dimulai dari Rp 25 ribu – Rp 80 ribu per kg. Selain membeli buahnya, pengunjung juga bisa membeli bibitnya sebagai oleh-oleh.


Selain itu, padepokan ini pun menjadi sentral produksi lemon. Jadi, bagi yang kamu yang suka sekali dengan lemon, tempat ini sangat cocok untuk kamu datangi.


Kamu dapat belajar tentang proses budidaya buah-buahan, mulai dari penanaman, pemeliharaan, hingga panen.


Pengolahan Limbah Domba

Tidak hanya sebatas perkebunan dan peternakan, Padepokan Pandawa Lima juga mendemonstrasikan pengolahan limba domba (urin & feses) kepada pengunjung. Pengolahan tersebut menghasilkan pupuk untuk jeruk dan buah lainnya.


Pengunjung pun dapat membeli pupuk organik tersebut. Sangat bervariasi kan aktivitas-aktivitas di padepokan ini?


Tempat Rekreasi

Menariknya, di padepokan ini, terdapat spot-spot untuk berswafoto yang indah seperti Kapal Titanic dan Bukit Pandawa. Kita juga bisa menginap di sini, dengan menyewa rumah penginapan maupun mendirikan tenda (camping).


Secara keseluruhan, Padepokan Pandawa Lima sangat cocok sebagai tempat liburan anak-anak lho dimana mereka bisa mengenal dunia pertanian dan peternakan lebih jauh.


LihatTutupKomentar