-->

Ads

✔️ Pelatihan Hidroponik Di Malang

Pelatihan Budidaya Tanaman dengan Teknik Hidroponik


Pelatihan Budidaya Tanaman dengan Teknik Hidroponik merupakan kegiatan Politeknik Negeri Malang dalam melakukan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada warga RT 3 RW 5 Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang dilaksanakan pada bulan September 2019. Program PKM ini dilakukan pada warga Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru karena warga memiliki keinginan untuk membuat rumah dan lingkungan mereka menjadi lebih hijau dan asri walau dengan lahan mereka yang sempit karena adanya perkembangan kota. Perkembangan kota yang terlalu cepat dan tidak terencana dengan baik, dapat menimbulkan dampak bagi desa dan lahan di sekitarnya yaitu berubahnya fungsi sebagian atau seluruh kawasan lahan dari fungsinya semula menjadi fungsi lain yang berdampak negatif terhadap lingkungan, dan berkurangnya lahan pertanian. Penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan.

Pelatihan Hidroponik


Program PKM ini beranggotakan lima orang yang diketuai oleh Dr, Dra. Anik Kusmintarti, MM., dan keempat anggotanya yaitu Dr. Drs. Sidik Ismanu, M.Si., Edi Winarto, Drs., M.Si., Ayu Sulasari, SE., MM., dan Suselo Utoyo, ST., MMT. Metode yang digunakan yaitu terlebih dulu memberikan penjelasan terkait tanaman hidroponik kepada ibu-ibu di Kelurahan Merjosari, praktek langsung dalam pembuatan tanaman hidroponik serta tanya jawab terkait cara perawatan tanaman hidroponik. Hidroponik adalah cara membudidayakan tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya, sehingga pada hidroponik sangat mementingkan pemenuhan nutrisi tanaman. Tanaman akan selalu tumbuh dengan baik jika nutrisinya terpenuhi. Hidroponik merupakan solusi bagi rumah yang memiliki lahan sempit untuk menanam berbagai macam sayuran. Tanaman hidroponik bukan saja akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desanya, tapi juga membuat suasana kampung lebih teduh dan asri. Selain memberi nilai ekonomi masyarakat, hidroponik juga bisa untuk penghijauan. Sayuran yang bisa dijadikan sebagai tanaman hidroponik yaitu seperti sawi, bawang, selada, tomat, terong, cabai dan sayuran lainnya. Sehingga tanaman hidroponik ini nanti juga akan bisa dikonsumsi sebagai sayuran ataupun dapat dikembangkan sebagai sebuah usaha dan kemudian untuk dijual sehingga membantu perekonomian masyarakat dan menambah pendapatan keluarga.



Tujuan diakukannya PKM ini adalah memberdayakan masyarakat Kelurahan Merjosari agar dapat memanfaatkan lahan yang sempit. Hasil dari kegiatan ini nanti diharapkan akan terus berkembang agar mampu menjadi solusi permasalahan dengan terbentuknya lingkungan yang hijau, bersih, asri, teduh dan aman serta dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.




LihatTutupKomentar