-->

Ads

✔️ Nutrisi Hidroponik Untuk Sayuran Daun

Nutrisi AB Mix : Sejarah dan Definisi


Setiap kita mengikuti tutorial ataupun pelatihan hidroponik, hampir semua trainer merekomendasikan nutrisi ab mix sebagai mineral pendukung pertumbuhan tanaman hidroponik.


Namun apakah ab mix itu? Apakah hidroponik harus menggunakan nutrisi ab mix untuk pertumbuhannya? Mari kita bahas lebih dalam tentang ini.

Nutrisi AB MIx


Sejarah AB mix


Istilah ab mix ini sebenarnya berasal dari negeri Belanda, bahkan di sana terkenal dengan sebutan “Dutch Style Nutrients”. Dutch style nutrient ini dianggap sebagai pupuk dua bagian atau sistem penyampaian nutrisi di mana terdapat botol terpisah, sering diberi label A dan B, untuk tahap pertumbuhan pengembangan tanaman, serta dua botol lagi yang terpisah untuk tahap pembungaan, juga diberi label A dan B.


Jika nutrisi Anda membutuhkan empat botol, kemungkinan Anda menanam dalam “tradisi Belanda”. Botol-botol ini sering diberi label sebagai berikut: Grow A, Grow B, Bloom A, Bloom B.


Jika di Indonesia sering kita temukan Nutrisi AB mix Daun (Grow A, Grow B), dan AB Mix Buah (Bloom A, Bloom B).


Belanda dikatakan sebagai pelopor berkebun hidroponik. Selain nutrisi gaya Belanda ada ember gaya Belanda “Dutch Bucket Hydroponics System”, bukti lain untuk kontribusi Belanda dalam hidroponik dekade lalu.


Nutrisi gaya Belanda paling populer untuk hidroponik tetapi semakin banyak digunakan dalam tanah dan sistem tanpa tanah (seperti: cocopeat, sekam bakar, zeolite, hidroton) juga karena efeknya yang mengesankan pada hasil.


Ada banyak produsen nutrisi Dutch Style, termasuk Dutchpro, Dutch Nutrients, Reiziger, Dutch Master, dan Dutch Nutrient Formula.


Dipercayai bahwa Dutch Style Nutrient (AB mix) ini menyebabkan sel-sel akar tanaman terbuka lebih besar untuk menyerap jumlah nutrisi yang berlimpah dengan cepat. Proses pemaksaan memberi makan nutrisi ke dalam sel tanaman menyebabkan peningkatan dramatis dalam pertumbuhan dan hasil tanaman.


Petani profesional yang menggunakan formula AB mix sering kali memiliki hasil dua kali lipat atau lebih dibandingkan dengan petani yang menggunakan nutrisi/ pupuk satu bagian.


Nutrisi satu bagian maksudnya adalah nutrisi tanaman tidak terpisah seperti AB mix yang terdiri dari 2 bagian yaitu mix A dan mix B.

AB Mix Premium


Definisi AB Mix


Mengapa AB mix terdiri dari dua bagian? Karena pada kenyataan bahwa perusahaan nutrisi tidak dapat menggabungkan semua produk mereka karena reaksi kimia dan biologis. Bahan-bahan tertentu, seperti silika, bakteri, fosfor, kalsium, dan mikoriza, sama sekali tidak boleh tercampur pada keadaan pekat, itulah sebabnya diperlukan botol terpisah.


Lalu bagaimana label A dan B dari AB mix digunakan bersama untuk memberikan nutrisi?


Tentu saja A dan B bisa dicampurkan jika sudah dalam keadaan sangat encer. Biasanya petani melarutkan sedikit mix A ke dalam beberapa liter air lalu diaduk sampai rata, kemudian mix B baru dimasukkan berikutnya.


Proses melarutkan secara bergantian ini dimaksudkan untuk menghindari mineral seperti fosfor dan calsium bercampur dalam keadaan pekat, karena akan bereaksi membentuk padatan dan tidak dapat digunakan sebagai nutrisi tanaman.

Nutrisi Hidroponik Cair


Kesimpulan


Dari uraian tersebut di atas, jelaslah bahwa AB mix adalah nutrisi yang bisa digunakan pada tanaman hidroponik, polybag, atau pun di tanah. Bahkan anda bisa juga menggunakannya untuk menyiram daun atau biasa petani sebut pupuk daun.


AB mix tentu saja bisa digunakan untuk tanaman besar seperti mangga, salak, durian, jambu, tabulampot, dll. Anda akan sangat takjub melihat hasil dari penggunaan nutrisi ini.

LihatTutupKomentar