-->

Ads

Cara Menanam Sayur Bayam Hidroponik Dengan Mudah

5 Langkah Mudah Menanam Bayam Hidroponik di Rumah


Sistem Menanam Bayam Hidroponik – Bayam adalah tanaman yang telah lazim dikenal dan dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau di Asia Timur dan Asia Tenggara, tumbuhan ini diketahui sebagai sayuran sebagai sumber zat besi yang penting untuk tubuh, selain itu bayam juga mempunyai banyak khasiat seperti mencegah sel kanker, menyehatkan jantung, organ pencernaan dan meningkatkan energi tubuh. Silahkan klik disini untuk memandang aneka benih tanaman sayuran bayam yang kami jual.


Menanam bayam secara hidroponik ialah salah satu opsi yang dapat diterapkan, khusus nya bagi anda yang memiliki pekarangan yang sempit. Bila sebelum nya kita sudah membahas metode menanam kangkung hidroponik, yang pada dasarnya langkah-langkah menanam seluruh ragam tanaman hidroponik progresnya hampir sama, tapi ada sebagian proses utama yang sepatutnya dijalankan supaya proses penanaman dapat maksimal.


Ada lima tahapan yang mesti dilalui mulai dari cara kerja penyemaian, persiapan media, pindah tanam, pemeliharaan, sampai panen. Dan ke-lima proses tersebutlah yang juga seharusnya Anda lakukan untuk menanam bayam secara hidroponik agar tanaman yang dijadikan nanti bisa tumbuh dengan maksimal.


Sistem Menanam Bayam Hidroponik


Sebelum memulai menanam bayam hidroponik ada beberapa kelengkapan yang sepatutnya Anda persiapkan supaya pelaksanaan penanaman bisa berjalan lancar. Sebagian alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam bayam secara hidroponik ialah sebagai berikut:


Alat dan Bahan :

  1. Bibit biji bayam
  2. Gizi Hidroponik AB Mix Sayuran
  3. Media tanam hidroponik rockwool
  4. Net pot atau gelas plastik bekas
  5. Sumbu kompor atau kain flanel
  6. Kotak Sterofoam
  7. Baki wadah atau nampan


Langkah Pertama : Penyemaian Bibit Bayam

Penyemaian Bibit Bayam

Pertama-tama yang harus kita lakukan untuk menanam bayam hidroponik ialah menyemai benih bayam. Benih dapat di dapatkan dari biji bayam yang sudah tua atau membeli nya di warung pertanian, berikut cara penyemaian benih biji bayam.

  1. Rendam potongan rockwool tadi dibuat lubang mengaplikasikan lidi untuk memasukan bibit bayam. Ukuran lubang bisa disesuaikan dengan ukuran benih bayam yang akan disemai. Lalu masukkan benih yang telah direndam tadi ke dalam lubang rockwool, masing-masing lubang 1 benih bayam.
  2. Setelah segala benih di usulan dalam rockwol, anda bisa menyiram seluruh rockwool dengan air bersih. Usahakan penyiraman ini dijalankan secara pelan agar air bisa membasahi rockwool secara merata, namun jangan sampai ada genangan air di dalam nampan hal yang demikian.
  3. Selanjutnya simpan nampan tersebut di tempat yang adem dan kering, lalu tutup nampan menerapkan plastik agar pelaksanaan penyemaian pesat berlangsung. Diamkan selama 2-3 hari, sesudah bibit berkecambah atau minimal muncul 2 daun, pindahkan ke tempat yang terkena sinar sang surya. Sebaiknya sinar sang surya pagi pada pukul 06.00 sampai pukul 10.00.
  4. Rawatlah tanaman hidroponik bayam secara rutin dengan memeriksa kelembaban air di rockwool hal yang demikian agar benih bayam tak mengalami kekeringan dan pertumbuhannya tidak terhambat.


Langkah Kedua : Persiapan Media

Persiapan Media

Pada tahap ini kita patut mempersiapan media atau alat yang akan digunakan untuk keperluan menanam bayam hidroponik. Teknik yang kita pakai dalam pembahasan kali ini yakni memakai cara wick yakni metode penanaman hidroponik menerapkan sumbu sebagai penyalur nutrisi ke tanaman. Berikut langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Persiapkan box sterofoam atau box air dengan tinggi minimal 30 cm.
  2. Buatlah sebuah tutup box menggunakan sterofoam tipis atau sterofoam lembaran dengan ukuran panjang dan lebar yang disesuaikan dengan box utama tadi. Sesudah itu, buatlah lubang pada tutup sterofoam tersebut dengan diameter sekitar 5 cm. dan usahakan supaya jarak tiap-tiap lubang minimal berjarak 10 cm.
  3. Sesudah box air dan tutupnya sudah siap, Anda bisa melanjutkannya dengan mengisi box dengan cairan gizi. Untuk cairan gizi, Anda bisa mengaplikasikan nutrisi AB Mix sayuran yang khusus dibuat untuk tanaman hidroponik sayur.
  4. Buatlah cairan gizi dengan mencampur Mix A dan Mix B masing-masing sebanyak 5 ml bersama air bersih sebanyak 1 liter. Kalau Anda membutuhkan cairan gizi yang lebih banyak, karenanya Anda bisa menambah jumlah bahan dengan mengalilipatkan setiap bahannya dengan perbandingan air, mix A, mix B = 1 : 5 : 5. Aduk semua bahan hingga benar-benar tercampur rata.


Langkah Ketiga : Penanaman Bayam Hidroponik

Penanaman Bayam Hidroponik

Sesudah media yang kita buat tadi telah selesai, karenanya selanjutnya yang wajib anda lakukan ialah penanaman benih bayam hidroponk, berikut metode nya.

  1. Buatlah lubang pada media net pot atau gelas plastik untuk memberi tempat pada sumbu atau kain flanel. Kain flanel berfungsi sebagai perantara antara tanaman yang berada pada gelas plastik dengan gizi pada air dalam box sterofoam.
  2. Pindahkan tiap-tiap benih bayam yang setidaknya memiliki 4 daun ke dalam net pot atau gelas plastik bekas yang sudah kita persiapkan sebelumnya.
  3. Sesudah semua net pot terisi tanaman bayam, Anda dapat memindahkannya dan memasukkannya ke dalam lubang penutup sterofoam tadi dengan posisi bibit yang lebih tinggi dari penutup.
  4. Siram setiap bibit dengan air secukupnya.
  5. Letakkan box air berisi benih bayam ini secara teratur di pelataran rumah Anda. dan usahakan supaya setiap bibit tanaman bayam hidroponik terkena sinar sang surya.


Langkah Keempat : Pemeliharaan Benih Bayam Hidroponik

Pemeliharaan Benih Bayam Hidroponik

Pada tahap ini kita sepatutnya rutin memeriksa keadaan tanaman bayam agar terhindar dari gulma dan hama penyakit. Untuk pemeliharaan dan perawatan bayam hidroponik, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini :


Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin tapi tidak hingga membikin genangan air pada media tanaman. Setelah secara khusus yakni menjaga tanaman agar tidak hingga kekeringan.

Penyiangan

Penyiangan yakni melaksanakan perawatan tanaman dengan membersihkan segera gulma ataupun rumput liar yang ada di sekitar tanaman. Lakukan penyiangan supaya tak memicu datangnya hama dan penyakit.


Langkah Kelima : Pemanenan Bayam Hidroponik

Pemanenan Bayam Hidroponik

Sesudah lewat langkah-langkah diatas sekarang tiba saat nya anda merasakan hasil dari tanaman bayam hidroponik adalah tahap pemanenan, cara memanen bisa dikerjakan dengan mencabut secara seketika bayam dengan perlahan dan hati-hati supaya tak merusak bayam. Pada biasanya tanaman bayam telah dapat dipanen saat usia bayam sudah menjelang usia 25 hari sesudah penanaman.


Itulah lima langkah mudah menanam bayam secara hidroponik yang dapat Anda terapkan di rumah walau dengan lahan sempit.  bayam, Anda juga bisa menanam sayuran lain yang tak keok bermanfaatnya dengan sistem di atas atau mencoba cara menanam sayuran dan buah hidroponik dengan memakai metode-sistem hidroponik lainnya. Untuk itu, jangan ragu untuk berkreasi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Sumber : https://bibitonline.com/artikel/5-langkah-mudah-menanam-bayam-hidroponik-di-rumah

LihatTutupKomentar