-->

Ads

Hidroponik Tempel Dinding, Cara Membuatnya

Cara Membikin Tanaman Hidroponik di Dinding


Metode membuat tanaman hidroponik tidak semestinya senantiasa dihalaman rumah, bagi anda yang tak mempunyai cukup halaman karenanya anda dapat mencoba untuk membikin tanaman hidroponik di dinding. Ya, di dinding, inilah kelebihan tanaman hidroponik yang bisa ditanam dimana saja karena tidak memerlukan tanah. Sehingga mewujudkan hidroponik sebagai solusi bagi anda yang ingin berbudidaya tanaman tetapi tak mempunyai cukup lahan.


Jumlah tanaman dan rangkaian cara hidroponik bisa disesuaikan dengan luas ketersediaan dinding dirumah anda, sehingga membuat tanaman hidroponik di dinding ini cukup effisien dalam pembiayaannya. Berikut ini panduan sistem membikin tanaman hidroponik di dinding rumah anda.



1. Siapkan pipa PVC 3 inchi yang panjangnya disesuaikan dengan keperluan, kita misalkan 2 meter pipa PVC. Buat lubang dengan diameter 5cm dengan jarak antar lubang tanaman sebesar 15 cm.


2.  Pasang pipa PVC di dinding dengan kemiringan tak lebih dari 5%, pasang pipa dengan rapat ke dinding. Jarak pipa PVC diatas dengan pipa PVC dibawahnya kurang lebih 40cm. Hubungkan pipa satu dengan lainnya dengan pip “L” dan pipa ukuran kecil 1 inchi. Pastikan instalasi cukup kuat sehingga nantinya dapat menyangga tanaman dewasa yang tumbuh besar diatas pipa.


3. Pasang saluran pembuangan dibagian pipa paling bawah dan saluran masuk larutan dibagian pipa paling atas. Popma menerapkan tenaga 120 watt dan sediakan tanggki untuk kapasitas 100 liter.


4. Isi kontainer dengan larutan nutrisi, nyalakan pompa air. Maka air akan mengalir keatas dan mengalir mencontoh instalasi pipa. Aliran gizi akan turun dengan bantuan gravitasi, sehingga usahakan kemiringan tak lebih dari 5% agar air tidak mengalir terlalu kencang atau terlalu lambat.


Dengan membikin tanaman hidroponik di dinding, karenanya akan memberikan nilai keindahan tersediri untuk rumah anda. Sehingga halaman sempit bukan lagi menjadi kendala untuk menjalankan budidaya tanaman secara hidroponik.


Sumber : http://tooreeman.blogspot.com/2016/02/cara-membuat-tanaman-hidroponik-di_19.html

LihatTutupKomentar