-->

Ads

Menanam Sayur di Paralon

8 Sistem menanam Sayur di Paralon (Sistem Baru dan Gampang)


Kini ini lebih susah untuk mecari sayuran segar dengan kualitas terbaik, tetapi jangan kuatir. Sejak adanya sistem hidroponik, ada banyak sayuran segar yang dijadikan darisistem ini. Misalnya saja metode menanam pare hidroponik.


Untuk variasi sayuran yang dapat ditanam sendiri ada banyak macamnya. Malah hampir segala macam sayuran dapat anda tanam menerapkan metode hidroponik ini. Penasaran bagaimana caranya? Berikut kita akan mebahas tentang sistem menanam sayur di paralon menggunakan metode hidroponik berikut ini.


1. Persiapan Alat dan Bahan


Ini adalah tahapan permulaan dan merupakan jenjang penentuan keberhasilan dari penanaman menggunakn paralon hal yang demikian. Berikut langkah-langkah persiapan:

  • Pastikan anda sudah menyiapkan berbagai bahan-bahan untuk membikin sistem hidroponik mengaplikasikan paralon ini seperti sistem menanam cabe hidroponik dalam polybag.
  • Metode yang diterapkan yakni pemakaian paralon metode vertikal dengan NFT.
  • Anda memerlukan paralon berukuran 9 cm dan alat bor listrik, penutup paralon, perekat paralon, penyambung paralon, gergaji pemotong paralon, selang, solder, pompa air, benih tanaman dan wadah plastik serta gizi hidroponik.
  • Nantinya anda akan mengolah seluruh bahan-bahan dan alat hal yang demikian menjadi sebuah cara yang baik. Dimana paralon akan dipotong dan dilobangi. Kemudian tutup kembali dnegan tutup paralonserta gunakan penyambung paralon untuk menyambungkan satu paralon ke paralon yang lainnya. Ini akan mebentuk jalan aliran air yang tidak terputus.


2. Persiapan Lubang Paralon Hidroponik


Pengerjaan lanjutan dari metode menanam sayur di paralon ini yakni progres menyiabkan luabang paralon yang nantinya akan menjadi daerah wadah untuk menyalurkan kebutuhan air dan gizi bagi pertumbuhan tanaman sayur anda. Berikut caranya:

  • Lubangi paralon dengan alat mesin bor yang telah disediakan sebelumnya.
  • Buatlah trek air pada pipa paralon tersebut, jikalau anda yaitu seorang pemula maka buat saja sejumlah 2 buah jalan air untuk paralon hal yang demikian.
  • Samakan ukuran lubang yang ada di paralon dengan ukuran gelas plastik yang akan menjadi wadah sayuran anda nantinya.
  • Jarakan tiap-tiap lubang sepanjang 20 cm dan ini berkhasiat supaya sayuran tersebut bisa tumbuh secara otimal tanpa seharusnya berempet-empetan.
  • Pakai penutup paraln untuk menutup komponen ujung dari salah satu paralon sesudah anda selesai melobangi 2 buah paraln (pemula).
  • Pasangi penyambung paralaon pada sisi lainnya dan sambungkan kedua paralon tersebut. Ini perlu supaya nantinya dapat mengalirkan peredaran air putar. 


3. Persiapan Gelas Plastik Hidroponik


Seperti yang kita bahas sebelum nya dan ada pada cara menanam bawang bombay hidroponik, anda sepatutnya menyamakan diameter gelas dengan ukuran lubang paralon lebih-lebih dahulu. Tetapi biarkan salah satu lubang daintara beberapa lubang kososng alias terbuka janga diisi dengan gelas plastik. Ini natinya akna menjadi daerah untuk anda memasukan nutrisi Hidriponik dan mengalirkannya kedalamm paralon.


Metode membikin lubang pada gelas plastik ini tidaklah susah, anda cuma perlu memanaskan br listrik dan buat beberapa lubang kecil pada bagian dasr gelas tersebut. Setelah selesai melubangi gelas plastik sebanyak lobang yang sudah disediakan dalam paralon karenanya anda telah dapat masuk ketahapan penyemaian bibit sayuran yang akan anda tanam. 


4. Sistem Penyemaian Benih Tanaman Hidroponik

Penyemaian Benih

Sedangkan sebenarnya media untuk penyiangan bibit dalam metode menanam sayur di paralon ini tidak cuma satu. Tapi, sebaiknya di sarankan menerapkan rockwool atau busa. Dimana ini yaitu media semai yang memiliki tingkatan pertumbuhan yang lebih tinggi persentasenya ketimbang yang lainnya. Metode menerapkannya yakni :

  • Siapkan media tanam berupa busa hal yang demikian, potng sebanyak yang diperlukan. Rendam busa tersebut dalam air bersih hingga busa menyimpan air. Jangan sampai terlalu banyak dan terlalu kering (lembab).
  • Masukan potongan busa langsung kedalam gelas plastik yang sudah ditempatkan dalam paralon. Cukup satu busa per gelas plastik.
  • Sesudah itu anda dapat menyelipkan bibit sayuran yang akan anda gunakan untuk ditanam hal yang demikian, Boleh menanam apa saja tergantung selera anda.
  • Anda bisa membeli benih sayuran menerapkan toko online atau mencari seketika di toko perkebunan dan peternakan terdekat.


5. Pemberian Larutan Nutrisi Hidroponik


Nah ini ialah progres lanjutan dari sistem menanam sayuran di paralon yang kita bahas di tulisan ini, dimana anda akan segera menuangkan air bersih melewati lubang paralon yang tak diisi dengan gelas plastik hal yang demikian. Berikut ketetapan dan tata caranya :

  • Masukan air bersih yang bebas dari kandungan zat kimia apapun kedalam lubang yang sengaja disisakan sebelumnya. Pakai pompa ataupun selang untuk mengalirkan air kadalam pipa paralon tersebut.
  • Cuma saja jangan sampai anda memasukan air melebihi tinggi dari paralon.
  • Pastikan jangan terlalu penuh agar tanaman masih bisa menerima oksigen nantinya.
  • Kemudian anda cuma perlu menunggu hingga ada pertumbuhan vegetatif dari tanaman yang nantinya akan terjadi selang beberapa hari penanaman.
  • Apabila tampak pertumbuhan baik secara generatif ataupun secara vegetatif dari bibit sayuran tersebut maka anda sudah dapat memasukan gizi hdriponik kedalam paralon.
  • Pemberian nutrisi lazimnya sesudah satu bulan penanaman supaya bibit tidak menjadi kekeurangan gizi atau disesuaikan dengan fase pertumbuhan sayuran tersebut.


6. Perawatan Harian


Sesudah anda menjalankan bebrapa langkah diatas maka yang tersisa hanya perawatan harian dan perawatan kepada hama dan penyakit. Perawatan harian berupa :

  • Perhatikan perkembangan bibit jangan sampai ada benih yang layu atau mati sebab kurang gizi ataupun dikarenakan penyakit dan serangan hama.
  • Kalau pertumbuhan bibit sangat lamban maka picu dengan nutrisi tambahan
  • Bila ada benih yang mati karenanya lakukan pergantian benih secepat mungkin agar tidak memunculkan persoalan pada bibit lainnya.
  • Sesudah anda memperhatikan pertumbuhan maka jangan lupa untuk secara terjadwal  meberikan gizi sampai sayuran hal yang demikian bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal. 


7. Pengontrolan Hama dan Penyakit


Tergangtung pada ragam sayuran yang sednag anda tumbuhkan ada banyak jenis penyakit dan hama yang bisa menyerang meraka. Berikut panudan awam untuk hal tersebut:

  • Buang pelbagai serangga atau hama perusak tanaman seperti ulat daun, ulat buah, serangga pemakan daun dan hama lainnya secara manual.
  • Pakai bantuan insektisida dan fungisida seandainya peranana manual tidak bekerja dengan bagus.
  • Membuang segala tanaman yang telah terinfeksi parah.
  • Usahakan anda senantiasa memantau kesehatan tanaman sayuran agar tak mudah terserang pelbagai hama dan penyakit tanaman.


8. Panen

Pemanenan Sayuran Hidroponik

Ya, ini masa yang benar-benar menggembirakan dimana anda bisa menikmati hasil dari sistem bertanam sayuran di paralon ini. Panen akan benar-benar tergantung dari ragam tanaman sayuran yang anda budidayakan, Melainkan sejatinya panen dapat dilaksanakan kalau sayuran telah mencapai pertumbuhan ptimalnya. Seperti sayuran daun yang sudah mempunyai daun lebat dan subur atau sayuran buah dimana buah sudah berkembang dan mengalami perubahan warna.


Demikianlah pembahasan kita kali ini yang mengupas tentang metode menanam yang baik mengaplikasikan media paralon. Amat gampang dan menyenangkan bukan? Jangan lupa untuk mebaca tulisan kami lainnya seperti metode merawat pohon bambu hoki.


Sumber : https://ilmubudidaya.com/cara-menanam-sayur-di-paralon

LihatTutupKomentar