-->

Ads

Penutup Tanaman Hidroponik, Paranet

Mengenal Paranet dan Fungsinya untuk Tanaman


Para pegiat tanaman tentu mengenal Green House. Green house (rumah hijau atau rumah kaca) diwujudkan sebagai ‘rumah’ tanaman dengan membangun situasi optimal yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh.  Suhu, kelembaban, intensitas sinar, kadar asam dan lain sebagainya dibuat sedimikian rupa sehingga menyerupai habitat tanaman yang absah.  Melainkan sebab biaya yang mahal untuk membangun sebuah rumah kaca, ditemukan pilihan lain merupakan dengan rumah plastik karena plastik lebih murah dan gampang didapatkan.


Pengertian dan Fungsi Paranet


Salah satu jenis rumah plastik substitusi green house yang biasa ditemui merupakan shading house. Shading house atau rumah naungan gampang dihasilkan, tak mempunyai atap khusus, tak membutuhkan dinding dan yang pasti tak membutuhkan tarif tinggi. Bahan untuk membuat shading house ini umumnya menggunakan net (jaring). Net memiliki sebagian nama dagang seperti paranet, agronet, multinet, polinet dan lain-lain. Paranet adalah nama dagang net yang paling populer. Fungsi paranet ialah sebagai bahan pembuat naungan. Sebagian macam tanaman tertentu seperti mawar, anggrek, anyelir, tomat, lettuce, strawberry, dan sawi tidak suka sinar matahari dengan intensitas yang tinggi. Pengaplikasian paranet sebagai naungan dapat mengendalikan jumlah intensitas cahaya sang surya yang diperlukan oleh tanaman.



Tipe-ragam Paranet


Paranet lazimnya terbuat dari bahan yang mengandung polietilen berbentuk anyaman jaring plastik. Bahan polietilen biasanya berasal dari nylon (senar) atau plastik. Namun, ada sebagian paranet yang terbuat dari tambang dan kawat. Bahan tambang dan kawat jarang diminati oleh organisator tanaman, karena tambang mempunyai jarak antar lubang yang lebar ketika dianyam sedangkan kawat gampang berkarat.


Paranet dijual dengan tingkat kerapatan anyaman yang berbeda. Kerapatan paranet yang lazim ditemukan antara lain 40%, 50%, 55% hingga 90%. Kerapatan paranet yang ditandai dengan prosentase menampilkan kemampuan paranet untuk membendung intensitas sinar matahari yang mengenai tanaman. Kian besar persentase, kian rapat anyaman paranet.  Jadi, kalau Anda berencana membeli paranet, cek kebutuhan intensitas cahaya tanaman Anda karena tiap-tiap tanaman mempunyai kebutuhannya sendiri.


Sebagai figur, tanaman anggrek Vanda yang memerlukan intensitas sinar maksimal sekitar 20%-30% saja, maka paranet yang dibutuhkan sebagai naungan merupakan paranet 75%-90%. Paranet 75% membendung sinar matahari sedemikian hingga cahaya yang diterima tanaman anggrek Vanda sekitar 25% saja. Untuk tanaman tembakau memerlukan paranet 30%-40% dan benih kopi membutuhkan  paranet 60%-75%.


Perbedaan Paranet dan Agronet


Kecuali paranet, net dipasarkan dengan nama dagang agronet. Agronet  mempunyai tenaga tahan lebih lama dan lebih kuat (tidak gampang putus) diperbandingkan paranet. Agronet diciptakan dari benang monofilament anti UV, tak meresap air sehingga tak bertambah berat ketika terkena air hujan dan tidak mudah luntur seandainya terkena terik cahaya matahari serta hujan.



Kisaran Harga Paranet


Paranet dijual dengan variasi harga. Tergantung asal produknya. Paranet lokal mempunyai harga lebih murah daripada produk paranet impor (umumnya dari Taiwan) namun paranet impor lebih bendung lama diperbandingkan paranet lokal. Seandainya paranet lokal hanya sanggup bertahan selama 3 tahun, paranet impor cakap bertahan sampai 5 tahun.


Kisaran harga paranet bergantung pada bahan, ukuran (lebar) dan kerapatan paranet. Dikala ini kami menyediakan paranet berbahan plastik yang harganya murah, bervariasi tergantung kerapatannya. Berikut produk paranet yang kami jual:

  • Paranet 60% lebar 300 cm harga Rp 12.500 per meter (impor)
  • Paranet 65% lebar 300 cm harga Rp 13.000 per meter (lokal)
  • Paranet 75% lebar 300 cm harga Rp 16.250 per meter (lokal)
  • Paranet 85% lebar 300 cm harga Rp 15.000 per meter (impor)


Selengkapnya bisa lantas dicek pada kategori produk paranet. Harga paranet umumnya dipasarkan lebih murah sekiranya pembelian menggunakan satuan roll / gulung (± 100 meter).


Nah, sekarang Anda sudah mengetahui perihal seluk beluk paranet. Pengaplikasian paranet dalam shading house memang belum dirasa maksimal untuk membangun iklim mikro seperti temperatur atau kelembaban layaknya green house sebab lubang-lubang paranet belum cukup membendung curah hujan tinggi. Jadi dalam hal ini paranet masih berfungsi sebagai pelindung naungan saja. Selain itu observasi seputar pemasangan net pelindung ini. Gunakan penopang di sebagian tempat dan pastikan Anda tak memasangnya terlalu rapat dan longgar, supaya paranet bisa menyesuaikan dengan keadaan tiupan angin, hujan dan terik panas matahari. 


Sumber : https://bibitbunga.com/mengenal-paranet-dan-fungsinya-untuk-tanaman/

LihatTutupKomentar