-->

Ads

Biaya Hidroponik, Estimasi Tarif Yang Diperlukan

Ini Dia Estimasi Tarif Instalasi Hidroponik, Mudah dan Murah!


Berapakah estimasi biaya instalasi hidroponik? Di era pandemi ini, hidroponik menjadi salah satu metode budidaya yang cukup dilirik oleh banyak orang.


Tak sedikit orang yang malahan menekuni hidroponik ini hingga diwujudkan sebagai bisnis rumahan. Nah, hakekatnya berapakah estimasi tarif instalasi hidroponik? Simak penjelasan berikut ini:


Estimasi Tarif Instalasi Hidroponik



1. Model Instalasi

Teladan instalasi hidroponik menjadi salah satu penentu jumlah tarif yang dikeluarkan untuk memulai budidaya tanaman hidroponik. Model instalasi akan menyesuaikan dengan luas lahan yang tersedia. 


Sekiranya Anda baru berkeinginan memulai sistem hidroponik ini untuk sekedar hobi, Anda dapat memanfaatkan lahan seluas 1x4 meter atau malahan 1x2 meter dengan contoh instalasi yang meninggi. 


2. Bahan yang Diperlukan

Jika Anda berharap membuat teladan instalasi sendiri, ada sebagian hal yang perlu diamati, seperti bahan yang dibutuhkan dan kelengkapan pendorong. Sebagian bahan yang diperlukan antara lain pipa paralon, Rockwool, sterofoam, larutan gizi, sumbu, mesin pompa, dan selang. Berikut yaitu estimasi tarif untuk bahan-bahan tersebut:

  • Rockwool = Rp60 Ribu
  • Pipa Paralon = Rp5 Ribu - Rp8 Ribu per 50 cm
  • Sumbu =  Rp25 Ribu per meter
  • Mesin Pompa 25 Watt = Rp150 Ribu
  • Larutan Gizi Bubuk = Rp100 Ribu


Beberapa harga dari bahan-bahan di atas hanyalah estimasi. Harga tersebut bisa saja berbeda di setiap daerah. Untuk larutan nutrisi bubuk, Anda dapat memakainya untuk dicampurkan ke air hingga 1000 liter. Terdapat juga larutan nutrisi yang sudah berbentuk cair dengan kisaran harga Rp30 Ribu per 100 liter.


3. Kelengkapan Penyokong

Selain beberapa bahan utama di atas, ada sebagian peralatan yang sifatnya sebagai pendukung dari instalasi hidroponik yang Anda buat. Ada beberapa contoh dari kelengkapan tersebut, diantaranya atap transparan supaya tanaman hidroponik Anda tidak terkena hujan, lalu ada juga jaring anti serangga atau dapat juga memakai paranet supaya tidak ada serangga yang hinggap di tanaman hidroponik yang Anda budidayakan.


Itulah estimasi biaya instalasi hidroponik yang perlu Anda kenal sebelum terjun di ranah budidaya tanaman hidroponik. 


https://www.idxchannel.com/milenomic/ini-dia-estimasi-biaya-instalasi-hidroponik-mudah-dan-murah/2

LihatTutupKomentar