-->

Ads

Hidroponik Tanpa Listrik

HIDROPONIK TANPA LISTRIK


Hidroponik ialah teknik budidaya tanaman tanpa menerapkan tanah melainkan mengaplikasikan air sebagai medianya. Air yang diaplikasikan yakni air gizi yang sering dikenal dengan gizi A dan B yang kemudian disebut sebagai nutrisi AB Mix. Gizi ini kemudian di berikan pada tanaman melalui akar, bagus secara segera maupun tidak lantas.


Gizi AB mix ini bisa disalurkan via kain atau seketika pada media tanam yang umumnya mengaplikasikan rock wool. Media ini seperti gabus atau busa yang mempunyai energi serap tinggi. Berdasarkan Wikipedia Rockwool yaitu salah satu media tanam yang banyak diterapkan oleh para petani hidroponik. Media tanam ini memiliki kelebihan dibandingi dengan media lainnya terpenting dalam hal perbandingan komposisi air dan udara yang bisa disimpan oleh media tanam ini.


Ada banyak cara berbudi tenaga secara hidroponik, cara yang konvensional atau yang umumnya diterapkan yakni sistem DFT Atau NFT merupakan memanfaatkan aliran air menerapkan media pralon dan pompa listrik, metode ini dirasa cukup berat karena memerlukan tarif yang lumayan kecuali itu memerlukan listrik.



Ada cara hidroponik yang tidak menggunakan listrik yang kerap kami sebut hidroponik tanpa listrik, diketahui dengan hidroponik sistem sumbu atau system wick . Metode Wick adalah metode yang paling simpel dari ke 6 dasar sistem hidroponik. Ini yakni cara pasif, yang berarti tak ada komponen yang bergerak. Larutan nutrisi ditarik ke dalam media tumbuh dari wadah gizi dengan sumbu, umumnya sumbu mengaplikasikan kain flannel atau jenis bahan lain yang gampang meresap air. Sistem wick umumnya menerapkan media tanam seperti Rockwool, Perlite, Vermiculite, batu kerikil, hydroton, sekam bakar, dan cocopeat.


Nah metode wick ini diaplikasikan oleh sahabat aku di tempat Kabupaten Kayong Utara tepatnya di Kecamatan Sukadana, dia membuat usaha budidaya sayuran hidroponik memakai sistem sumbu untuk membudidayakan sayuran yakni sawi, pakcoy, selada dan lain lain. Usaha yang dirintisnya ini di kasih nama “Hydrosayur Sukadana”.


Untuk buah hati muda milenial, metode budidaya hidroponik ini cukup menjanjikan, selain dapat menghasilkan pundi pundi uang,  dengan hidroponik ini tak perlu bercocok tanam dengan dekil dekil, dan sayuran yang diwujudkan bebas dari pestisida.


https://habibiezone.wordpress.com/2020/03/17/hidroponik-tanpa-listrik/

LihatTutupKomentar