-->

Ads

Cairan Hidroponik Membuat Racikan Sendiri

MEMBUAT SENDIRI PUPUK ATAU NUTRISI HIDROPONIK


Campuran gizi hidroponik


Seperti yang kita kenal bahwa sistem hidroponik berbeda dengan metode tanam dengan media tanah, dalam hal ini media yang diterapkan hidroponik adalah air. Tentunya pembuatan nutrisi / pupuk untuk jenis tanaman ini berupa cairan nantinya.


Dalam pembuatan gizi hidroponik bisa menyesuaikan dengan keperluan jumlah tanaman yang akan ditanam dalam cara hidroponik, sekiranya dalam sekala rumahan atau konsumsi sendiri pupuk yang diperlukan tak terlalu banyak dan bahan yang akan dipakai tidak susah didapat, sebelum menjelaskan berapa takarannya, kami akan menerangkan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan nutrisi hidroponik ini.



Unsur-faktor yang dibutuhkan tanaman ialah faktor makro dan mikro, apabila faktor tersebut terpenuhi alhasil tanaman akan tumbuh dengan bagus. Di dalam penanaman tanaman hidroponik unsur makro lebih dibutuhkan atau keperluan unsur makro lebih banyak dibandingkan dengan cara tanam dengan media tanah, yang wajib terpenuhi dalam metode tanaman hidroponik yakni unsur makro seperti Ca ( kalsium ), K ( kalium ), P ( fosfor ), N ( nitrogen ), S ( belerang ), dan Mg ( Magnesium ). Sedangkan untuk faktor mikronya seperti Mn ( Mangan ), Fe ( Besi ), B ( Boron ), Ci ( klor ), dan Mo ( Molibdenum ).


Pada Nutrisi (hara) yaitu Nitrogen diperlukan saat tanaman bertumbuh atau dikala awal bertunas dan dikala daun terbentuk.


Fosfat dikasih saat tanaman memerlukan gizi hal ini untuk menumbuhkan akar tanaman sehingga nantinya tanaman meresap nutrisinya dengan akar tersebut.


Kalium berfungsi pada cara kerja peralihan fase vegetatif ke face reproduktif atau penyusunan buah, termasuk keperluan yang penting ketika proses fotosintesis.


Ketika pemberian nutrisi ini juga berhubungan dengan pH atau kadar asam larutan nutrisi tersebut, untuk mempunyai gizi yang diperlukan tanaman, larutan nutrisi haruslah dipegang sehingga menerima pH yang pas untuk tanaman dan pada biasanya pH yang di butuhkan ialah 5,5 – 6,5.


Untuk mendapatkan bahan gizi hidroponik Anda bisa mencarinya di warung pertanian terdekat, atau Anda juga bisa membelinya di warung online yang menyediakan keperluan hidroponik. Seperti pupuk AB mix tergolong pupuk yang telah banyak dikenal dan sudah tak jarang untuk diaplikasikan pada sistem hidroponik, tapi untuk pupuk AB mix ini tergolong mahal. Harga pupuk tersebut di antara 80.000 sampai 100.000 untuk satu paket pupuk A dan B dalam jumlah 1000 liter. Tapi Anda jangan kuatir karena ragam nutrisi ini dapat dibuat sendiri dengan cara membikin campuran formula Gandasil+NPK+KCI, sehingga lebih murah harganya dan untuk membikin 1000 liter gizi cuma diperlukan biaya sekitar 30.000, hal ini dapat lebih memperkecil tarif dalam membuat tanam hidroponik.


Pupuk nutrisi hidroponik


Di bawah ini formula yang bisa diracik sendiri, kami terangkan untuk bahan dan alat yang dibutuhkan merupakan :


(Dihasilkan untuk sepuluh liter gizi larutan)


  • Timbangan
  • Alat untuk mengaduk
  • Ember kapasitas minimal 10liter
  • 3 Gelas (bisa mengaplikasikan gelas plastik bekas)
  • Pupuk kandasil D 5 gram ( Growmore Green ) setengah sendok makan
  • Pupuk NPK 16-16-16 – 10 gram atau bisa menerapkan NPK mutiara – 1 sendok makan
  • Pupuk KCI 10 gram – 1 sendok makan
  • 10 liter air, apabila Anda menggunakan air PDAM lebih bagus diendapkan lebih-lebih dulu selama -+ 7hari, akan lebih bagus jika Anda menerapkan air sumur atau air sungai


Cara Pembuatan :

  • Silakan isikan air kedalam 3 gelas plastik masing-masing 100ml / kira-kaprah separo gelas
  • Selanjutnya silahkan larutkan pupuk Gandasil,KCI dan NPK ke dalam gelas plastik, silahkan pastikan pupuk terlarut untuk menghindari terjadinya endapan dan dicampur sendiri-sendiri
  • Siapkan atau usulan air 10liter kedalam ember lalu campurkan ke 3 racikan larutan ke dalam air tersebut, aduk sampai merata dan tercampur dengan total


Campuran nutrisi atau formula di atas cukup untuk menutrisi tanamaan ketika pertunasan (vegetatif) pada tanaman seperti kangkung dan sawi. Sedangkan untuk pertumbuhan pertunasan tanaman hidroponik cabe dapat ditambahkan dengan pupuk urea dan untuk jenis tanaman mentimun, terong dan tomat dianjurkan ditambah pupuk urea dengan takaran sekitar 20 gram di dalam racikan hal yang demikian.


Campuran formula untuk pembuahan dan pembungaan dalam tanaman yang berbuah lebih bagus pupuk urea dikurangi 50% sekitar 5gram untuk 10 liter nutrisi (untuk tanaman cabe), 10gram per 10 liter untuk tanaman tomat, mentimun dan terong. Untuk pupuk ragam NPK ditambahkan 50% atau 15-30 gram per 10 liter racikan gizi dan pupuk tipe Gandasil D dgantikan dengan pupuk Gandasil B atau Growmore Red/merah.


Salah satu racikan formula untuk pembuatan nutrisi tanaman hidroponik.


http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/77504/MEMBUAT-SENDIRI-PUPUK-ATAU-NUTRISI-HIDROPONIK/

LihatTutupKomentar