✔ Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen

 Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen Sederhananya, hidroponik dapat diartikan sebagai sistem budidaya tanaman dengan air sebagai pengganti media tanah. Tanaman hidroponik tentunya lebih segar dan aman untuk dikonsumsi karena bebas dari insektisida. Anda tidak perlu khawatir dengan kandungan nutrisi tanaman hidroponik.



Pasalnya, nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam Jenis Sayuran Hidroponik dan buah hidroponik yang memiliki kandungan yang sama dengan sayur dan buah yang ditanam di dalam tanah.

Jenis Sayuran dan Buah Tanaman Hidroponik

Keunggulan penanaman secara hidroponik antara lain tidak membutuhkan lahan atau lahan yang luas dan hanya membutuhkan air dengan kandungan mineral yang cukup. Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan budidaya hidroponik adalah tidak semua tanaman dapat tumbuh secara hidroponik. Jenis tanaman buah dan sayur hidroponik berikut ini mudah dibudidayakan di negara tropis.

Bayam

Bayam merupakan salah satu dari beberapa jenis tanaman hidroponik yang mudah dirawat dan dapat dipanen dalam waktu 40 hari setelah disemai. Bayam dapat tumbuh optimal pada suhu sejuk dan suhu hangat. Tingkat pH yang dibutuhkan untuk bayam adalah 6.0-7.0. Saat sudah memasuki masa panen, tanaman bayam hidroponik bisa dipanen 2-3 kali jika dipanen dengan cara dipetik.

Tomat

Pada dasarnya tomat tergolong buah, namun masyarakat umumnya menggolongkan tomat sebagai salah satu jenis sayuran. Banyak jenis atau jenis tomat yang bisa ditanam secara hidroponik. Hal yang penting diperhatikan saat menanam tomat hidroponik adalah kebutuhan akan intensitas cahaya yang lebih banyak. Anda perlu menyediakan banyak sumber cahaya seperti lampu jika tertarik menanam tomat secara hidroponik di dalam ruangan.

Timun

Semua jenis ketimun dapat dibudidayakan dan ditanam dengan baik melalui sistem hidroponik. Mentimun membutuhkan penyiraman dengan tingkat pH sekitar 5,5-6,0. Kebutuhan tanaman ketimun adalah suhu panas sehingga perlu dipastikan kestabilan suhu panas. Pada awal pertumbuhan tanaman, nutrisi tanaman ketimun dapat dipenuhi dari air biasa. Selanjutnya dalam seminggu pengairan perlu dipantau dan diberikan nutrisi tambahan dengan peningkatan dosis sesuai umur tanaman.

Apa Saja Jenis Tanaman Hidroponik yang Panen Cepat?

 

Selada

Jenis tanaman hidroponik selanjutnya adalah selada. Selada memiliki masa panen yang lebih lama jika dibandingkan dengan masa panen di lahan konvensional. Keunggulan menanam selada secara hidroponik adalah mudah dalam perawatannya dan dapat tumbuh dengan berbagai sistem hidroponik sehingga cocok untuk dicoba oleh para petani hidroponik pemula. Selada dapat ditanam di negara tropis dengan daerah dengan suhu lebih sejuk dan pH air antara 6,0-7,0.

Seledri

Seledri merupakan salah satu jenis tanaman hidroponik yang menarik untuk ditanam. Tanaman yang bermanfaat sebagai penyedap rasa alami dan bermanfaat sebagai toga (tanaman obat) bagi penderita hipertensi.

Budidaya seledri secara hidroponik membutuhkan cahaya tidak langsung dengan kondisi suhu yang cenderung lembab. Setelah daun seledri sudah muncul, penting untuk memastikan daun seledri mendapatkan sinar matahari langsung. Tanaman seledri bisa dipanen pada umur sekitar 1,5 - 3 bulan.

Sawi hijau

Menanam sawi memiliki keunggulan tersendiri. Hal ini dikarenakan sawi hijau merupakan salah satu jenis tanaman hidroponik yang jarang terserang hama sehingga perawatannya lebih praktis jika dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya.

Sawi hijau dengan metode hidroponik juga lebih cepat panennya jika dibandingkan dengan ditanam di lahan konvensional. Hal yang penting untuk diperhatikan pada Jenis Sayuran Hidroponik yaitu air yang bernutrisi harus selalu tersedia dengan cukup.

LihatTutupKomentar