-->

✔️ Contoh Tanaman Hidroponik Sederhana

Contoh Tanaman Hidroponik Sederhana Budidaya hidroponik saat ini sedang menjadi trend dan digemari masyarakat. Hal ini dikarenakan cara ini tidak membutuhkan lahan yang luas, sehingga dapat dilakukan dengan mudah. Padahal, peralatan dan tempat tanam tidaklah sulit dan rumit.

Tanaman sayur tak dapat disangkal memainkan peran penting dalam kehidupan kita. Selain memiliki serat yang dapat melancarkan pencernaan, sayuran juga memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda mungkin tertarik untuk menanam sayuran. Baik itu sekedar hobi atau memang Anda ingin sekali mendapatkan Sayuran Hidroponik Sederhana yang berkualitas, menanam sayur mayur bisa menjadi aktivitas yang bermanfaat.

Tapi tidak semua punya tanah untuk melakukannya. Jika Anda ingin menanam sayuran tetapi tidak memiliki lahan, Anda dapat mencoba metode hidroponik sederhana. Budidaya hidroponik merupakan salah satu metode budidaya tanaman yang memanfaatkan air, namun tidak menggunakan media tanah.



Poin terpenting dalam hidroponik sederhana bukanlah air, melainkan pada pemenuhan unsur hara pada tumbuhan. Unsur hara dalam tanah diganti dengan pecahan genteng, ijuk, sabut kelapa, serbuk gergaji, dan rockwool. Hidroponik sederhana memiliki keunggulan tidak menggunakan tanah dan menghemat air.

Hal ini dikarenakan penyerapan air lebih efektif, sehingga air yang digunakan dalam hidroponik tidak perlu sebanyak penyiraman tanaman pada media tanah. Banyak masyarakat kota yang gemar bercocok tanam menggunakan cara hidroponik sederhana, untuk menggantikan kekurangan lahan. Jika Anda tertarik untuk menggunakan cara ini, Anda bisa mencobanya juga. Tanaman yang umum digunakan untuk cara ini adalah bayam, selada, caisim, kangkung, dan sayuran kecil lainnya.

Tempat menanam, misalnya bisa menggunakan botol bekas. Untuk detikers yang suka bercocok tanam tapi lahan terbatas bisa menggunakan metode hidroponik. Semua peralatan bercocok tanam dengan metode hidroponik kini banyak dijual, bisa online atau datang langsung ke toko alat pertanian. Berikut cara menanam kangkung hidroponik menjadi cabai:

Bagaimana Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana?

 

Definisi Sayuran Hidroponik Sederhana

Dikutip dari buku 'Menanam Hidroponik untuk Pemula' karya Puput Alviani, hidroponik berasal dari kata Yunani yaitu hidro yang artinya air dan ponos yang artinya tenaga. Jadi secara umum hidroponik adalah budidaya dengan cara menanam tanpa menggunakan tanah. Namun menggunakan air dan lebih menekankan pada pemenuhan nutrisi tanaman.

Keuntungan Sayuran Hidroponik Sederhana

Ada berbagai keuntungan yang bisa didapat dengan membudidayakan hidroponik. Pertama, pengguna dapat mengizinkan penanaman tanpa tanah, kemudian metode ini juga dapat membuat barang bekas di rumah lebih berguna. Selain itu, tanaman atau sayuran yang ditanam secara hidroponik akan lebih higienis dibandingkan dengan penanaman biasa. Terakhir, pertumbuhan tanaman akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan penanaman biasa.

Cara

Salah satu cara menanam hidroponik adalah botol bekas. Cara ini juga dikenal dengan sistem sumbu dan dapat menanam sayuran, seperti sawi, kangkung, dan bayam. Pertama, siapkan botol bekas yang masih layak pakai. Kemudian, potong botol menjadi dua. Selanjutnya, gabungkan kedua bagian botol yang sudah dipotong, hanya saja bagian atasnya menghadap ke bawah.

Pasang sumbu atau bisa menggunakan kain flanel pada tutup yang sudah dilubangi tadi. Pastikan posisi ini memungkinkan air nutrisi mengalir dan terserap ke dalam tanaman. Taruh bibit tanaman di bagian atas botol dengan tanah secukupnya. Demikian yang dapat kami jelaskan tentang cara menanam Sayuran Hidroponik Sederhana, semmoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.


LihatTutupKomentar