✔ Cara Menanam Kangkung Tanpa Tanah

✔ Cara Menanam Kangkung Tanpa Tanah - Ingin menanam kangkung tanpa tanah untuk media penanamannya? Cara menanam kangkung melalui cara hidroponik menjadi salah satu solusi penanaman yang tepat untuk dijadikan pilihan. Teknik ini juga tepat untuk bercocok tanam pada lahan terbatas atau sempit. 

Metode menanam yang dilakukan secara hidroponik ini menjadi alternatif pilihan teknik tanam masa kini. Metode hidroponik biasanya menggunakan media air yang sudah dicampur dengan nutrisi atau unsur hara untuk tanaman, serta fokus pada pemberian nutrisi ini. Nah, jika membicarakan mengenai penanaman kangkung, Anda bisa menggunakan teknik hidroponik tersebut. 



Cara menanam kangkung tanpa tanah secara hidroponik bisa dilakukan oleh siapa saja, serta dilahan yang benar-benar sempit sekalipun. Melakukan budidaya dengan metode hidroponik juga dinilai lebih mudah, murah, dan sederhana. Anda tidak perlu banyak menghabiskan biaya untuk peralatan karena dapat memanfaatkan bahan-bahan bekas yang ada di sekitar.

Cara Menanam Kangkung Tanpa Tanah Melalui Teknik Hidroponik

Mempersiapkan Alat dan Bahan

Cara menanam kangkung tanpa tanah dengan teknik hidroponik yang pertama adalah menyiapkan peralatan dan bahan. Anda membutuhkan peralatan untuk menanam kangkung seperti wadah atau besek dengan ukuran besar yang memiliki lubang-lubang kecil di permukaannya. Siapkan pula baskom dengan diameter yang sama dengan besek agar dapat mengapung di atas baskom.

Siapkan pula bahan-bahan lain seperti benih kangkung dan juga pupuk hidroponik. Anda bisa menggunakan pupuk AB mix atau pun pupuk buatan sendiri, serta zat pengatur tumbuh /ZPT yang digunakan untuk merendam benih. Dengan begitu, benih akan menjadi lebih cepat berkecambah.

Memilih Benih Kangkung Berkualitas

Cara menanam kangkung tanpa tanah hidroponik selanjutnya, yakni Anda perlu memilih benih kangkung dengan kualitas baik. Pemilihan bibit kangkung sangat berpengaruh pada keberhasilan budidaya dan produk kangkung yang dihasilkan. Anda harus memilih bibit kangkung unggulan. Tujuannya adalah supaya bisa panen bersamaan, tidak gampang muncul bunga, serta tidak merambat ketika ditanam.

Mempersiapkan Rokwol, Nutrisi AB Mix, dan Netpot

Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan bahan penanaman yang meliputi rockwol, nutrisi AB Mix, serta net pot atau gelas plastik. Dalam budidaya hidroponik, rockwol penting untuk tempat pembenihan. Sedangkan AB Mix memiliki banyak jenis yang bisa disesuaikan untuk AB Mix buah dan daun. Anda perlu memilih nutrisi AB Mix yang khusus untuk sayuran jenis daun seperti kangkung.

Menyiapkan Penyemaian Benih Kangkung

Menyemai benih kangkung perlu Anda lakukan sebagai tahap penanaman. Namun sebelumnya, Anda diharuskan menyeleksi lebih dulu  benih kangkung berkualitas baik. Cara menanam kangkung tanpa tanah selanjutnya, yakni dengan merendam benih dan memilih benih yang tenggelam. Untuk benih yang mengambang atau terapung sebaiknya Anda buang.

Setelah selesai dan sudah mendapat benih yang baik, mulailah menyemai benih kangkung tersebut. Caranya adalah dengan mengambil kain yang cukup tebal, lalu bungkus benih kangkung tersebut. Siram kain menggunakan air hangat atau sekedar basah agar benih kangkung lebih cepat berkecambah.

Memindahkan Benih Kangkung 

Cara menanam kangkung tanpa tanah selanjutnya, yakni melakukan pemindahan benih ke dalam wadah atau media tanam. Berbeda dengan tanaman lain. Justru kangkung akan tumbuh secara optimal bila ditanam dalam jumlah banyak di satu wadah sekaligus.

Demikianlah tadi cara menanam kangkung tanpa tanah melalui teknik hidroponik. Anda perlu merawat kangkung hidroponik ini dengan mengawasi dan memperhatikan nutrisinya. Pastikan kangkung hidroponik tidak kekurangan nutrisi agar proses memanen kangkung lebih cepat dan berkualitas. Anda bisa memanennya ketika daun masih hijau segar dan belum terlalu tua.


LihatTutupKomentar