-->

Ads

✔️ Apakah Nutrisi AB Mix Itu Organik

Apakah Nutrisi AB Mix Itu Organik Jika Anda merasa nutrisi hidroponik itu mahal, maka saya akan beri tahu kenapa bisa seperti itu. Meski banyak sekali buku dan tutorial yang bisa dijadikan panduan untuk membuat nutrisi hidroponik, banyak juga yang tidak mau?


Saya akan ceritakan tentang komposisi Nutrisi Hidroponik AB Mix dan cara membuat nutrisi campuran ab. Tetapi sebelum itu, saya mohon Anda membaca artikel ini agar Anda dapat memahami apa yang saya maksud. Sedangkan nutrisi hidroponik adalah pupuk yang mengandung semua unsur baik makro maupun mikro yang dibutuhkan tanaman hidroponik untuk pertumbuhannya.


Sebenarnya tidak ada perbedaan. Nutrisi hidroponik juga termasuk pupuk. Tetapi nutrisi hidroponik dibuat khusus untuk tumbuh dengan sistem hidroponik. Karena itu berbeda. Menanam di tanah dan menanam secara hidroponik membutuhkan media yang berbeda. Sistem hidroponik media tanam adalah air. Media air ini merupakan sumber tumbuhan untuk mendapatkan unsur hara.

8villages
8villages


Tak hanya itu, dari air ini, akar tanaman hidroponik juga harus mendapat oksigen yang cukup. Padahal, air tidak memiliki unsur hara. Jika jumlahnya hanya sedikit. Namun jika jumlah mineral di dalam air terlalu banyak, maka tidak layak untuk dikonsumsi manusia. Padahal, air baku untuk media hidroponik haruslah air bersih, bukan air kotor. Oleh karena itu bahan pupuk untuk tanaman hidroponik lebih disesuaikan dengan sifat-sifat media ini.


Hidroponik Tanpa Nutrisi

Kami pertama kali memahami proses pertumbuhan tanaman. Supaya kita bisa mau dan menerima jawaban saya di atas. Tumbuhan hidroponik tetap bisa hidup tanpa unsur hara, tapi untuk sementara. Pertumbuhan tanaman dimulai dengan perkecambahan. Selama perkecambahan ini, tanaman masih menggunakan cadangan hara yang tersimpan di dalam biji.


Bagaimana Cara Membuat Nutrisi Hidroponik AB Mix?

 

Saat proses perkecambahan selesai, tanaman harus mandiri. Itu harus memenuhi mencari atau mengambil nutrisi dari akar untuk kebutuhannya. Kebutuhan tanaman hampir sama dengan kita. Kami harus makan agar punya energi untuk bisa beraktivitas. Tidak hanya itu, dari makanan tersebut kita mendapatkan nutrisi seperti protein, lemak dan vitamin untuk tumbuh kembang.


Sama halnya dengan tumbuhan, hanya saja istilahnya sedikit berbeda. Proses pengumpulan makanan oleh tumbuhan disebut anabolisme. Contohnya adalah fotositesis. Fotosintesis, bahan bakunya adalah CO2 dan sinar matahari akan menghasilkan karbohidrat. Karbohidrat ini akan digunakan sebagai sumber energi untuk menyerap nutrisi dari air, pertumbuhan akar, pertumbuhan ke atas dan ke samping dan sebagainya.


Komposisi nutrisi hidroponik

Apapun sumber nutrisinya, pupuk hidroponik harus mengandung semua unsur yang dibutuhkan tanaman. Sedangkan unsur makro merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Ada banyak dan pasti ada. Sedangkan unsur hara mikro merupakan unsur yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah sedikit.


Sebagian besar nutrisi hidroponik yang beredar saat ini terdiri dari campuran A dan B. Atau lebih kita kenal dengan campuran AB. Dulu saya mengira bahwa campuran A adalah elemen makro dan B adalah elemen mikro. Tapi setelah saya membaca beberapa bacaan, ternyata tidak sesederhana itu.


Cara membuat nutrisi campuran ab

Itulah bahan kimia yang harus kita kumpulkan jika ingin membuat Nutrisi Hidroponik AB Mix. Ini bisa digunakan semua jika Anda bisa mengarangnya, atau meninggalkan salah satunya. Sekarang sudah terbantu dengan adanya toko online. Sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahan tersebut.

LihatTutupKomentar