-->

✔️ Persiapan Tanaman Hidroponik

Persiapan Tanaman Hidroponik yaitu teknik bercocok tanam tanpa media tanah, sehingga tak membutuhkan ketersediaan lahan yang luas. Ketika ini telah banyak orang yang memanfaatkan teknik ini sebagai metode budidaya tanaman dengan lahan minim. 





Anda malah dapat mencobanya untuk keperluan pribadi maupun bisnis budidaya skala kecil atau rumahan. Seketika bagaimana metode untuk dapat membikin teknik hidroponik ini memakai kelengkapan paralon? Untuk lebih jelasnya Anda dapat memandang penjelasan rinci di bawah ini.


Metode Membikin Tanaman Hidroponik dengan Paralon Simpel dan Gampang


1. Persiapkan alat dan bahan hidroponik


Sistem membikin tanaman hidroponik dengan paralon yaitu dengan mempersiapkan kelengkapan dan bahan. Kelengkapan yang anda butuhkan yaitu pipa paralon dengan diameter 3 inci, gelas plastik, serta sambungan paralon beserta penutupnya. Kecuali itu siapkan juga solder, alat bor, air, spons, gergaji, selang, pompa aquarium, serta biji tanaman hidroponik yang akan Anda pilih untuk ditanam.


2. Melubangi pipa paralon 


Metode kedua yang dapat anda lakukan merupakan melubangi pipa paralon mengaplikasikan bor. Pastikan anda membikin lubang cocok dengan ukuran gelas plastik yang akan anda pakai sebagai media tanam. Jangan lupa untuk memberi jarak antar lubang kaprah-kaprah 20 cm. Dengan metode yang sama, anda perlu melubangi satu pipa paralon lagi.







Sesudah itu tutup salah satu ujung pipa paralon dan hubungkan dengan lubang pipa paralon lainnya mengaplikasikan sambungan yang telah disiapkan. Metode membikin tanaman hidroponik dengan paralon berikutnya, merupakan kunci ujung pipa paralon menerapkan penutup cocok dengan ukurannya.


3. Melubangi gelas plastik 


Sesudah anda selesai membikin pipa untuk daerah penanaman, sekarang Anda dapat melubangi gelas yang akan diterapkan sebagai media. Anda dapat mengaplikasikan solder atau mengaplikasikan cutter ataupun pisau. Sesudah selesai, letakkan gelas plastik yang telah anda buat pada lubang pipa paralon. Sisakan 1 lubang paralon sebagai jalan untuk memberikan gizi pada cairan yang ada di dalam pipa.


4. Memasang pompa air 


Sistem membikin tanaman hidroponik dengan paralon dapat menerapkan selang dan pompa air sebagai pengairan. Metode kerja pompa ini yakni dengan cara irigasi dan berlaku untuk teknik hidroponik metode drip. Tapi apabila anda menerapkan cara sumbu, anda tak membutuhkan adanya pompa air sebagai irigasi.


5. Meletakkan benih tanaman


Sesudah seluruh pelaksanaan selesai anda perlu meletakkan benih tanaman pada daerah yang telah disediakan. Anda dapat menyiapkan spons yang telah dipotong-potong kecil ke ukuran gelas plastik yang Anda pakai. Anda dapat memotongnya dengan ukuran kurang lebih 2 cm atau 3 cm sebagai daerah untuk meletakkan benih tanaman.





Letakkan segala benih hal yang demikian cocok dengan jumlah gelas atau pot yang anda siapkan. Sesudah itu masukkan segala spons hal yang demikian pada gelas yang berada di pipa. Sistem membikin tanaman hidroponik dengan paralon dengan pemakaian spons ini tak cuma sebagai alat penanaman, namun juga cakap mengabsorpsi air lebih lama supaya tanaman konsisten ternutrisi.


Baca Juga :

 

6. Berikan larutan gizi 


Sesudah segala sistem pembuatan teknik hidroponik selesai ini, anda tinggal mengerjakan perawatan supaya tanaman sukses tumbuh dengan subur dan bagus. Secara rutin, anda perlu memberikan larutan gizi pada tanaman budidaya hidroponik hal yang demikian.



Itulah tadi bagaimana metode membikin tanaman hidroponik dengan paralon di rumah sendiri dengan sistem simpel dan gampang. Jadi sekarang Anda tak perlu cemas lagi jikalau tak mempunyai lahan untuk bercocok tanam. Manfaatkan teknik budidaya hidroponik di rumah anda.


LihatTutupKomentar