-->

Ads

Air Hujan Untuk Hidroponik, Apa Dampaknya?

Imbas Air Hujan Untuk Tanaman Hidroponik


Air hujan memang bermanfaat karena menghasilkan air bersih tanpa mesti Anda olah sendiri. Sayangnya, air hujan dapat merugikan bagi tanaman hidroponik Anda. Nah, berikut ini pengaruh air hujan untuk tanaman hidroponik yang perlu Anda ketahui.



Green house


Pengaplikasian green house yang dibangun dengan sekedarnya dapat merusak tanaman hidroponik. Hal ini karena air hujan yang datang dalam jumlah banyak dan sering kali akan merusak tanaman green house Anda. Agar tak ada imbas buruk dari air hujan yang demikian, Anda perlu melakukan pembangunan green house yang terstruktur  sehingga dikala air hujan turun tak merusak green house Anda.


pH


Air hujan yang turun bisa memengaruhi keasaman air tanaman hidroponik Anda. Tanaman hidroponik yang mempunyai pertumbuhan bagus jika keadaan pH airnya berada di antara 6—7,5. Nilai keasaman air 6—7,5 yaitu jenis air netral. Apabila keadaan air menjadi lebih asam atau basa oleh air hujan, dapat Anda antisipasi dengan menjalankan penguasaan.


Pada air hidroponik yang asam, Anda dapat meletakkan es pada air tanaman hidroponik Anda supaya air yang asam menjadi lebih netral. Sementara, pada air tanaman hidroponik yang basa dapat Anda tambahkan asam H2SO4 (asam sulfat), H3PO4 (asam fosfat) dan HNO3 (asam nitrat). Tetapi, perlu diperhatikan sebagian jenis asam ada yang membahayakan jika terkena kulit.


Nutrisi


Gizi adalah zat-zat tertentu yang diperlukan oleh tanaman. Pada zat tertentu dapat jadi kandungan nutrisinya berkurang atau bertambah. Dengan demikian, macam tanaman hidroponik dapat diberi pengaruh oleh air hujan. Perlu Anda ketahui bahwa air hujan mengandung nutrisi seperti karbon, asam nitrat, uap air, garam, dan asam sulfat.


Untuk jumlahnya sendiri, tergantung takaran sehingga imbasnya bisa betul-betul jelas kelihatan pada pertumbuhan tanaman. Adapun air hujan yang datang dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan air gizi yang telah ada di penampungan wadah hidroponik Anda sirna sebab penuh terisi oleh air hujan.


Pertumbuhan tanaman


Seandainya air hujan yang datang ke lahan hidroponik Anda banyak, tentunya pertumbuhan tanaman bisa terganggu. Hal ini terkait dengan poin nutrisi sebelumnya. Ini karena nutrisinya terbuang beriringan air hujan sehingga gizi yang dibutuhkan tanaman hidroponik Anda hilang.



Hama dan penyakit


Jenis hama dan penyakit yang kerap timbul dikala air hujan mulai banyak dan kerap kali turun ialah kutu daun, ulat, dan jamur. Kemunculan ketiga hama dan penyakit ini bergantung pada pertumbuhan hama dan penyakitnya, kondisi hujan, dan ketahanan pertumbuhan hidroponik Anda.


Masa panen


Air hujan yang turun dalam jumlah banyak atau sedikit dapat memengaruhi tanaman hidroponik. Ketika sedang musim kemarau, datangnya air hujan dapat meningkatkan masa panen karena Anda tak perlu menambahkan air untuk tanaman hidroponik. Kemudian dikala musim hujan, air hujan yang turun dapat menjadi malapetaka sebab tanaman terlalu banyak mengonsumsi air sehingga tanaman cenderung lebih layu, kecil, dan pucat.


Sumber : https://www.pertanianku.com/pengaruh-air-hujan-untuk-tanaman-hidroponik/

LihatTutupKomentar