-->

Ads

Cara Menanam Sayur Kangkung Hidroponik Di Rumah

Sistem Menanam Kangkung Hidroponik, Mudah Dipraktikkan di Rumah


 Mau bercocok tanam di rumah, melainkan lahan terbatas? Jikalau semacam itu, berkebun dengan cara hidroponik yakni solusi yang ideal untuk Anda. Anda tidak perlu media tanah untuk menanam beraneka tipe tumbuhan. Umpamanya sayuran kangkung.


Menanam kangkung dengan metode hidroponik tak susah dijalankan. Anda cuma perlu menyiapkan media air yang dicampur dengan nutrisi keperluan tanaman. Apalagi kangkung termasuk sayuran yang gampang ditanam asal persediaan air melimpah.


Berikut ini cara menanam kangkung hidroponik yang sudah dirangkum dari beraneka sumber.



Metode Menanam Kangkung Hidroponik:

  1. Siapkan besek/baskom berukuran besar dengan lubang-lubang kecil di sekelilingnya.
  2. Siapkan baskom dengan diameter yang lebih besar sebagai tempat untuk mengapungkan besek/baskom yang telah dilubangi.
  3. Siapkan pupuk hidroponik, umpamanya AB Mix khusus daun.
  4. Siapkan zat pengatur tumbuh (ZPT) untuk merendam benih agar lebih kencang berkecambah.
  5. Siapkan rakwol dan netpot.
  6. Siapkan benih sayuran kangkung (dapat dibeli di pasar bunga atau penjual tanaman online) dan seleksi dengan metode direndam semalaman.
  7. Bungkus bibit kangkung yang telah direndam dengan kain berair agar bisa berkecambah.
  8. Pindahkan benih kangkung yang telah berkecambah ke wadah tanam.
  9. Rawat kangkung dengan pupuk cair.
  10. Dikala kangkung memasuki umur 2 pekan, tingkatkan fokus larutan pupuk organik cair dari 5 ml/liter air menjadi 7–9 ml/ liter air.
  11. Ganti larutan nutrisi jika sudah berbau.
  12. Kangkung hidroponik siap dipanen pada umur 4-6 minggu.
  13. Panen kangkung hidroponik dikala daunnya masih hijau segar dan batang belum berbunga.


Siapkan Kelengkapan, Bibit, dan Bahan Lain yang Diperlukan

Cara menanam kangkung hidroponik yang pertama ialah menyiapkan alat dan bahan. Alat yang diperlukan untuk menanam kangkung hidroponik umpamanya wadah atau besek berukuran besar dengan lubang-lubang kecil di sekelilingnya. Siapkan juga baskom dengan diameter yang sama dengan besek, agar nantinya besek dapat mengapung di baskom.


Bahan-bahan yang diperlukan lainnya adalah benih kangkung, pupuk hidroponik (AB mix atau pupuk cair buatan sendiri), dan zat pengatur tumbuh (ZPT) untuk merendam bibit agar lebih pesat berkecambah.


Pemilihan Bibit Kangkung yang Berkualitas



Cara menanam kangkung hidroponik selanjutnya ialah memilih benih yang bermutu. Pemilihan benih kangkung amat berakibat terhadap keberhasilan budi kekuatan kangkung hidroponik.


Pilihlah benih kangkung favorit supaya tanaman yang dihasilkan dapat dipanen secara beriringan, tak mudah berbunga, dan tak merambat dikala progres penanaman. Seleksi secara khusus dahulu mana benih kangkung yang pantas tanam dan mana bibit yang tidak dapat tumbuh.


Seleksi bibit kangkung bermutu dalam beberapa langkah berikut. Sediakan baskom berisi air bersih, tuangkan benih ke dalam wadah hal yang demikian dan biarkan semalaman, dan keesokan harinya Anda akan menemukan benih yang mengapung dan karam. Sisihkan benih yang karam, sebab bibit itulah yang memiliki kwalitas bagus.


Persiapkan Rokwol, Nutrisi AB Mix, dan Netpot

Bahan-bahan ini memiliki peran penting saat berkeinginan budidaya hidroponik. Rakwol untuk pembibitan dilaksanakan di tempat khusus untuk benih yang akan tumbuh.


Nutrisi AB Mix memiliki banyak variasi. Sesuaikan penggunaan AB Mix untuk buah dan daun. Buat menanam kangkung hidroponik, Anda bisa memilih gizi AB Mix khusus untuk daun.


Persiapkan Penyemaian Benih Kangkung

Sekiranya telah mendapatkan bibit yang bagus, Anda dapat mulai menyemai benih. Ambil kain yang cukup tebal. Bungkus benih kangkung yang telah direndam tersebut dengan kain.


Siram kain menerapkan air suam-suam kuku secukupnya. Siram hingga sekadar basah saja. Benih ini bertujuan supaya benih kangkung lebih cepat berkecambah.


Pindahkan Benih ke Wadah Tanam

Metode menanam kangkung hidroponik berikutnya ialah memindahkan bibit ke dalam wadah. Kangkung akan mengalami pertumbuhan yang optimal seandainya bibit-bibit tersebut ditanam dalam jumlah banyak pada satu wadah.


Pindahkan segala benih yang telah berkecambah ke dalam besek. Anda dapat mengaplikasikan busa filter aquarium sebagai dasaran yang melapisi besek, tapi apabila tidak tersedia tidak perlu diberi.


Seandainya, tuangkan larutan gizi hidroponik ke dalam baskom hingga mengenai permukaan besek dan benih. Sekiranya menerapkan busa saringan, maka tuang larutan gizi cukup hingga busa saja. Kemudian letakkan bibit yang baru tumbuh di area yang terkena cahaya matahari atau biarkan kangkung tumbuh dengan menutup besek memakai plastik hitam selama sehari penuh.


Perawatan Kangkung Hidroponik

Cara menanam kangkung hidroponik berikutnya dadalah perawatan harian. Metode kebutuhan gizi kangkung kepada elemen hara dalam wujud cair.


Sistem Menanam Sawi di Pot Mudah, Sistem Perawatannya



Pastikan kangkung hidroponik tak kekurangan nutrisi, secara khusus dikala kangkung menjelang umur dua minggu. Ketika itulah konsentrasi larutan perlu ditingkatkan. tingkatkan fokus larutan pupuk organik cair dari 5 ml/liter air menjadi 7–9 ml/ liter air.


Anda juga perlu mengganti larutan nutrisi sekiranya dirasa sudah berbau. Lakukan jenjang tersebut secara berulang sampai masa panen tiba.


Sistem menanam kangkung hidroponik yang terakhir merupakan pemanenan pada waktu yang tepat. Panen kangkung hidroponik dikala memasuki umur 4-6 pekan atau lebih kurang 1 bulan setelah masa tanam.


Panen kangkung hidroponik ketika daun-daun kangkung masih hijau segar dan batang belum berbunga.


Sumber : https://www.merdeka.com/gaya/cara-menanam-kangkung-kln.html

LihatTutupKomentar