-->

Ads

Hidroponik Horizontal Yang Tepat

Teknik Membuat Pipa Hidroponik Horizontal yang Tepat


Cara tanam hidroponik menjadi salah satu yang amat populer. Selain tak membutuhkan lahan yang luas, kau tidak perlu repot kotor sebab tidak menerapkan media tanah. Banyak orang yang malas berkebun karena wajib berurusan dengan tanah.


Apalagi sekarang ada banyak teknik yang dapat diterapkan agar membikin hidroponik semakin mudah salah satunya dengan membikin pipa hidroponik. Dengan membangun pipa hidroponik, kamu bisa menanam tanaman hidroponik sekalian.



Tak hanya itu, pipa hidroponik ini membikin kamu tak perlu repot-repot memikirkan perawatannya. Apalagi pipa ini juga dapat membuat produksi hidroponik kian meningkat. Kau beratensi untuk membuatnya di rumah?


Sebagai informasi, pipa hidroponik ini bisa dibuat secara vertikal ataupun horizontal. Kedua macam ini pada dasarnya sama saja untuk manfaatnya hanya saja memang dapat diaplikasikan untuk tanaman tertentu. Berikut sistem membuat pipa hidroponik yang semestinya kau ketahui.


Pipa hidroponik horizontal


Pipa paralon dalam sistem hidroponik horizontal ini berfungsi untuk meletakkan media tanaman. Kecuali itu, berfungsi pula untuk mempertimbangkan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup. Dengan desain sedemikian rupa, karenanya diinginkan tanaman dapat tumbuh maksimal sebab nutrisinya tercukupi.


Bisa dibilang apabila kau mengaplikasikan teknik pipa hidroponik horizontal ini karenanya kau akan mendapatkan banyak profit tersendiri. Pertama-tama untuk membuatnya, kamu hanya memerlukan PVC dengan ukuran 2,5 inch hingga 3 inch.Selain itu, kau juga perlu menyiapkan pipa dengan format L dan T.


Sebelum mulai memasangnya, kamu sebaiknya mempertimbangkan lebih-lebih dahulu metode hidroponik yang ingin kamu pakai. Umumnya orang menggunakan sistem NFT dengan bantuan pipa hidroponik ini. Tetapi, kau dapat menerapkan cara lain seperti metode apung atau wick.


Umpamanya kau memastikan untuk membuat metode NFT dengan pipa hidroponik horizontal. Cara NFT ini akan membuat nutrisi berputar. Artinya pipa ini berfungsi membikin metode NFT memiliki peredaran. Setelah air nutrisi mengairi tanaman kemudian akan kembali ke wadah atau tandon penampungannya.



Hal berikutnya yang semestinya dipikirkan yakni macam tanaman yang akan ditanam. Variasi tanaman akan berdampak pada lubang pipa yang akan dijadikan. Seumpama untuk tanaman sayuran pastinya akan ditanam lebih mepet-mepet. Sementara buah akan dikasih jarak tertentu sebab akan tumbuh besar.


Lubang yang diwujudkan pada pipa juga ditentukan dari wadah media tanam yang akan kau gunakan. Kau bisa menerapkan netpot yang memang diperuntukkan untuk hidroponik. Atau kamu bisa memakai wadah bekas. Kau bebas menggunakan yang mana saja disesuaikan dengan ketersediaan alat dan bahan.


Setelah segala siap, saatnya untuk mulai membuat desain pipa hidroponik horizontal. Pertama-tama potong pipa pantas dengan ukuran yang kau inginkan. Panjang pipa ini disesuaikan pula dengan lokasi penempatan pipa. Jadi langkah awal yang perlu kamu lakukan yaitu menilai lokasinya.


Setelah itu, buat lubang dengan jarak dan ukuran yang disesuaikan dengan tanaman dan wadah tanamannya. Saat membikin lubang pastikan dijadikan menghadap satu arah merupakan ke atas. Karena ini merupakan pipa horizonta. Sesudah itu, kau dapat memakai pipa T dan L untuk mengaitkan satu pipa dengan pipa lainnya.


Pipa hidroponik vertikal


Sesudah tahu metode membuat pipa hidroponik horizontal, saatnya kau mempelajari yang versi vertikal. Pada dasarnya prinsipnya sama dengan pipa horizontal. Hanya saja kamu mengubah posisi pipa paralon yang diposisikan dengan berdiri.


Hal yang membedakan ialah contoh pipa PVC yang kamu butuhkan patut berukuran 4 inch serta diameter lubang yang dijadikan yaitu 5 cm. Buatlah lubang hal yang demikian dengan jarak yang sama. Usahakan jarak antar lubang sekitar 15 cm. Dalam satu pipa kau dapat melubangi di beragam sisi.


Lalu bagaimana metode mengalirkan gizi pada pipa vertikal ini? Tentu saja kau memerlukan bantuan pompa supaya nutrisi dapat dialirkan hingga tanaman yang paling atas. Dengan memompa air nutrisi sampai atas kemudian air nutrisi akan mengalir ke tanaman yang ada di bawahnya.


Salah satu kekurangan dari sistem ini adalah mengandalkan listrik. Bila tak ada listrik dan pompa mati karenanya tanaman tidak akan mendapatkan asupan nutrisi. Sedangkan seperti itu, banyak orang beratensi memakai teknik ini sebab bisa menghemat lahan. Berminat mencobanya?


Sumber : https://www.ciriciripohon.com/2020/04/teknik-membuat-pipa-hidroponik.html

LihatTutupKomentar