-->

Ads

Hidroponik Vertical Garden

APA DAN BAGAIMANA VERTICAL GARDEN ?


Keterbatasan lahan menjadi hambatan tersendiri bagi masyarakat kota untuk mneyalurkan hobi berkebun. Saat ini tidak lagi, selain hidroponik bisa menjadi solusi keterbatasan lahan dan tanah subur di perkotaan, solusi berikutnya yakni vertical garden. Bahkan sistem hidroponik anda malahan bisa diubah menjadi vertical garden.



Pengertian


Vertical garden atau diketahui sebagai taman vertikal dan greenwall ini yaitu salah satu sistem penanaman yang diberesi secara tegak lurus. Keberadaan taman ini betul-betul layak untuk hunian yang memiliki keterbatasan lahan, sehingga tak memungkinkan untuk mempunyai taman horizontal.


Dengan sistem ini, ruang tanam dapat jauh lebih besar diperbandingkan dengan taman konvensional, pun jika dapat memberesinya jumlah tanaman yang dapat ditanam dapat sebagian kali lipat jumlahnya, sehingga dapat menambah ruang hijau secara signifikan.


Manfaat


Menghemat Pengaplikasian Lahan


Seperti yang sudah digambarkan di atas, taman berbentuk vertical tak memerlukan lahan yang luas untuk menanam tanaman. Cuma dengan bidang yang tegak, taman dapat dibangun. Tapi nuansa hijau masih dapat dinikmati.


Mengurangi Polusi Udara



Kecuali untuk  memperindah ruangan, taman  yang berada di dalam ruangan berfungsi sebagai penghasil udara yang bagus. Dengan adanya taman dapat mengkoreksi kualitas udara di sekitar taman. Tanaman pada taman vertikal akan mengabsorpsi karbon dioksida dan juga polusi yang berasal dari lingkungan skeitar.


Mengurangi Suhu Udara Yang Panas


Udara dan cuaca di tempat perkotaan tak menentu.  Suhu udara yang cenderung tinggi akan menjadikan hawa yang panas. Sebuah penelitian yang dikerjakan oleh Cambridge University menceritakan bahwa sebuah lapisan panel vertical garden sanggup mengurangi panas di udara sampai 25%.


Memproduksi Oksigen Ekstra


Seperti yang kita kenal bahwa tanaman memproduksi oksigen sebagai hasil dari proses fotosintesis. Udara yang jernih tersebut akan membikin lingkungan lebih sehat dengan suasana perkotaan yang penuh polusi. Malah bisa sebagai pembersih udara (saringan udara) untuk mengurangi kadar polusi pada lingkungan sekitar taman.


Tanaman Untuk Vertical Garden 


Tipe tanaman yang lazimnya diaplikasikan dalam vertical garden yakni tanaman yang mudah ditanam dengan metode penanaman vertikal, seperti tanaman perdu, rumput-rumputan, suplir, phytonia, bromelia, kadaka, sirih gading, paku tanduk rusa, dan lain-lain. Kecuali tanaman hias, sayuran, buah-buahan berukuran kecil, dan rempah-rempah juga bisa menjadi opsi untuk ditaman di vertical garden, apalagi apabila anda mengaplikasikan cara hidroponik untuk taman vertical anda Beberapa tanaman termudah yang dapat anda tanam dapat dipandang pada tulisan berikut.  


Sumber : https://farmee.id/apa-dan-bagaimana-vertical-garden/

LihatTutupKomentar