-->

Ads

Hidroponik Di Cuaca Panas, Tanaman Apa Saja Yang Bisa?

10 Tanaman hidroponik yang tahan panas, cantik jadi hiasan outdoor


Hidroponik yakni metode menanam menerapkan media air yang mengandung campuran hara. Hidroponik biasa diaplikasikan untuk menanam beragam jenis sayuran ataupun macam tanaman lainnya.


Teknik menanam dalam air ini bukanlah hal baru di dunia bercocok tanam. Metode menjalankannya cukup gampang, tak butuh lahan luas, dan diandalkan tingkat pertumbuhan tanaman lebih cepat.


Tanaman hidroponik menawarkan keindahan tinggi saat ditaruh di dalam ataupun di rumah. Tanaman hidroponik dapat ditanam di beraneka tempat, mulai dari botol bekas, paralon, kaca jernih, dan lain sebagainya. Dapat dibenahi di tanam, dapat pula digantung di depan selasar maupun sudut outdoor lain.


Pilih tanaman yang bisa pantas untuk outdoor, membutuhkan asupan sang surya lantas sehingga tahan ketika terkena panas. Nah, apa saja tanaman hidroponik yang bisa bendung panas sehingga sesuai dihasilkan hiasan outdoor? Simak sebagian rekomendasinya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/2).


1. Sawi hijau.



Tipe tanaman sayur yang bisa tumbuh dengan bagus dengan hidroponik yakni sawi hijau. Sawi hijau diketahui bisa ditanam dan mudah beradaptasi di mana saja, termasuk di luar rumah. Bahkan sawi hijau juga bendung dan tetap tumbuh walaupun terkena air hujan.


2. Selada.



Selada yakni tanaman sayur yang paling banyak dibudidayakan dengan metode hidroponik. Selada bisa tumbuh amat cepat dalam cara hidroponik dan cukup mudah dirawat.


Selada dapat ditanam di seluruh sistem hidroponik, termasuk NFT, aeroponik, ebb & flow, dan sebagainya. Sayuran ini adalah tanaman yang baik untuk kamu yang baru mengawali menanam hidroponik.


3. Brokoli.



Brokoli mulanya biasa ditemukan tumbuh subur di daerah dataran tinggi memakai metode hidroponik. Namun kini brokoli juga sudah tak jarang ditanam di tempat dataran rendah. Tanaman yang mirip seperti bunga kol ini disukai banyak orang lantaran bisa dihasilkan bahan utama masakan.


4. Cabai.



Cabai jadi salah satu tumbuhan yang sering tanaman di halam rumah. Cabai bisa tumbuh dengan bagus dengan media tanam tanah maupun hidroponik. Perawatannya pun gampang dan tak intensif seperti ragam tanaman lain.


Pilih benih cabai yang unggul lalu cukupi kebutuhan gizi airnya dengan bagus. Cabai yang telah berbuah, bisa dipanen kapan saja.


5. Geranium.



Nggak keok menarik dari jenis sayuran, tanaman bunga geranium juga cocok sebagai hiasan halaman rumah maupun kebun. Tanaman ini juga diketahui dengan tampilannya yang menawan ketika ditanam dengan media hidroponik. Bunga hias geranium diketahui dengan sebutan Crane\'s Bill dan banyak ditemukan di hampir semua dunia.


Bunga yang berasal dari Afrika Selatan ini juga layak sebagai tipe tanaman hias gantung di negara tropis seperti Indonesia. Di bagian bunga memiliki pelbagai warna seperti merah, putih, merah gampang, biru maupun ungu. Geranium juga dapat tumbuh menempuh 1,2 meter.


6. Philodendron.



Permulaan mula kemunculannya, tanaman Philodendron kerap kali ditanam dengan media pakis. Sekarang seiring perkembangan waktu, timbul banyak sistem kreatif untuk merawat serta memaksimalkan Philodendron.


Yup, Philodendron terbukti juga bisa ditanam pada media air, lho. Kecuali itu tumbuh kembang philodendron juga gampang, karena ragam tanaman ini termasuk dalam kategori bendung panas.


7. Tillandsia (Air plants).



Tanaman udara atau Tillandsia yakni tanaman hias yang sempurna untuk disimpan di mana saja karena tidak memerlukan tanah untuk bertahan hidup. Kebanyakan orang suka menggantung Tillandsia di terarium kaca kemudian diisi dengan logat warna-warni dan pernak-pernik. Tanaman ini juga dapat ditanam melewati media air.


Air plant perlu dirawat dan diletakkan di tempat dengan peredaran udara yang bagus dan banyak cahaya jelas. Pastikan jaga kelembapan tetap tinggi dengan menyemprotkan air. Tanaman ini juga ramah terhadap hewan peliharaan.


8. Water lettuce.



Wujud water lettuce menyerupai kelopak bunga warna hijau yang sedang mekar. Water lettuce atau yang lebih diketahui sebagai apu-apu ialah tanaman hias air yang banyak ditemui di sungai.


Tak menutup kemungkinan pula untuk merawat apu-apu di bagian luar rumah, sebagai dekorasi outdoor. Perawatan apu-apu cukup gampang, sediakan wadah yang memiliki ukuran lebih besar, isi dengan air, lalu masukkan apu-apu ke dalamnya.


9. Monstera.



Tanaman yang satu ini banyak ditemukan di kawasan hutan tropis Meksiko. Monstera jadi tanaman yang tak jarang dilirik lantaran punya daun bolong atau sobek-sobek unik dan mencuri perhatian.


Monstera bisa dirawat dengan berbagai media, mulai dari pot hingga media air. Tidak hanya dapat ditaruh di dalam rumah, monstera juga indah dibereskan sebagai hiasan outdoor.


10. Sirih gading.



Tanaman sirih gading telah terkenal dan kerap kali jadi incaran koleksi pencinta hortikultura. Sirih gading atau Epipremnum aureum bisa tumbuh subur melewati media air.


Masukkan sirih gading ke dalam wadah bekas, kemudian isi dengan air secukupnya. Nggak cuma indah dipandang, sirih gading dapat membikin udara ruangan jadi segar.


Sumber : https://www.brilio.net/wow/10-tanaman-hidroponik-yang-tahan-panas-cantik-jadi-hiasan-outdoor-210223u.html

LihatTutupKomentar