-->

Ads

Menanam Cabe Hidroponik Sistem Wick Dengan Mudah

Metode Mudah Menanam Cabe Hidroponik Sistem Wick


Anda dan keluarga menyukai dengan makanan pedas? Yuk belajar menanam cabe sendiri disini. Budidaya tanaman cabe memang sangat penting dilakukan sebab tanaman cabe yakni salah satu tanaman penghasil bumbu dapur yang masuk dalam daftar keperluan pokok harian, secara khusus bagi mereka yang sangat suka kuliner pedas. Kecuali itu, hal inipun menjadi penting mengingat harga cabe di pasaran yang acap kali kali menjadi tidak stabil sampai melambung tinggi. Hal ini tentu sangat berakibat pada keuangan belanja harian sehingga menanam cabe sendiri yaitu solusi terbaik yang bisa dipilih. Sebelumnya kami sudah memberikan artikel tentang menanam cabe di polybag, pot atau halaman rumah. Nah, bagaimana seandainya Anda tak memiliki lahan seperti pekarangan dan semacamnya untuk ditanami? Tidak perlu kuatir karena kami akan berbagi mengenai metode menanam cabe secara hidroponik dimana anda tidak memerlukan tanah maupun lahan untuk menanaminya.


Cabe menjadi bumbu dapur yang sangat populer. Tidak heran sekiranya bukan hanya petani saja yang ingin membudidayakan tanaman pedas ini, tapi sepertinya tiap rumah mengharapkan tanaman cabenya sendiri.



Cabe menjadi salah satu bumbu dapur yang sangat populer di dunia. Tak heran apabila bukan cuma petani cabe saja yang mau membudidayakan tanaman pedas ini, namun sepertinya tiap-tiap rumah mengharapkan tanaman cabenya sendiri.


Menanam secara hidroponik yaitu salah satu teknik menanam tanaman yang menerapkan air sebagai media tanamnya. Teknik yang satu ini amat diminati banyak orang, terpenting mereka yang tinggal di tempat perkotaan sebab tak mempunyai lahan luas untuk bercocok tanam. Kecuali itu, teknik menanam hidroponik ini juga cenderung lebih gampang dan praktis serta tak memerlukan banyak perawatan sehingga sangat populer oleh penyuka tanaman melainkan tak memiliki waktu luang untuk merawatnya. Teknik hidroponik ini sendiri mempunyai sebagian cara untuk melakukakannya dan salah satunya merupakan metode wick dimana salah satu media tanamnya yakni sumbu. Metode menanam cabe hidroponik dengan sistem wick yaitu metode budidaya cabe yang mudah dan sungguh-sungguh praktis. Nah anda berminat? Simak dengan bagus beberapa level menanam cabe secara hidroponik dengan metode wick berikut ini.


Penyemaian Bibit


Tahap pertama yang patut anda lakukan ialah penyemaian. Dalam hal ini anda memerlukan media semai yang akan dipakai untuk menyemai bibit cabe menjadi benih yang kemudian dapat ditanam. Untuk membikin media semai, anda dapat menyiapkan tanah, arang sekam dan juga kompos dalam jumlah yang sama. Campurkan bahan-bahan tersebut lalu letakkan pada sebuah pot ataupun polybag. Setelah media semai siap, siapkan benih cabe yang bisa Anda pilih dari cabe yang Anda miliki. Pilihlah cabe yang sudah tua tetapi masih bagus dan sehat. Belah dan ambil bijinya lalu benamkan pada media semai dengan jarak kurang lebih 3 cm untuk tiap bijinya. Siram dengan sedikit air lalu biarkan sampai bibit tumbuh. Biasanya bibit ini akan tumbuh sekitar seminggu kemudian.



Media Tanam


Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu menyiapkan media tanam. Media tanam bisa anda dapatkan dengan mencampurkan arang sekam dan juga cocopeat atau serbuk dari serabut kelapa. Pakai bahan ini dalam jumlah yang sama dengan tingkat perbandingan 1:1. Dan seperti yang telah digambarkan bahwa teknik ini mengaplikasikan sistem wick, karenanya anda juga perlu sumbu. Anda bisa menerapkan sumbu kompor atau kain lain seperti kain flanel. Namun sebagai saran, kami sarankan anda memakai kain flanel sebab kain ini mempunyai energi serap yang cukup tinggi sehingga dapat menyalurkan gizi ke media tanam dengan bagus.


Cocopeat ialah media tanam hidroponik yang terbuat dari sabut atau serat serabut kelapa yang telah dihaluskan menjadi serbuk.


Cocopeat yakni media tanam hidroponik yang terbuat dari sabut atau serat serabut kelapa yang telah dihaluskan menjadi serbuk. Sealin cocopeat, Anda juga membutuhkan arang sekam dan serbuk kelapa sebagai media tanam untuk hidroponik wick.


Pot Dan Tandon Nutrisi


Kemudian kecuali media tanam, Anda juga perlu menyiapkan tandon atau wadah gizi beserta pot untuk tempat tanaman. Untuk pot dan tandon, anda dapat menerapkan barang-barang bekas seperti cup dan toples atau ember kecil. yang terpenting, ukuran tandon lebih besar dari ukuran pot. Buatlah lubang kecil-kecil pada komponen pinggir cup untuk sirkulasi udara dan juga bawah cup untuk tempat sumbu. Masukkan sumbu hingga menjulur ke bawah cup dan sedikit pada bagian dalam cup. Setelah itu, masukkan media tanam ke dalam cup.


Sistem praktis untuk mendapatkan pot dan tandon untuk metode hidroponik wick ini, Anda bisa memanfaatkan botol plastik bekas.


Anda dapat memanfaatkan botol plastik bekas untuk memakainya sebagai  pot dan tandon gizi. Botol plastik dibagi menjadi dua, atasannya dibuat pot untuk memasukkan sumbu. Bagian bawah botol diwujudkan tandon untuk menampung air.


Penanaman Benih


Masuk ke tahap penanaman, Anda dapat memindahkan bibit cabe apabila sudah menjelang umur sebulan sesudah penyemaian. Pindahkan benih dengan cara sedikit membasahi tanahnya lalu ambil bersama medianya supaya tak merusak akar. Sesudah itu, bersihkan akar benih dengan hati-hati. Berikutnya, Anda dapat menanam bibit cabe tersebut secara seketika ke dalam media tanam yang sudah dipersiapkan lalu sirami dengan air bersih secukupnya. selanjutnya, letakkan tanaman di tempat yang teduh dan teduh lalu sirami media dengan air secukupnya kalau tampak kering. Biarkan tanaman cabe selama sekitar seminggu.


Beginilah figur penanaman cabe dengan sistem hidroponik wick. Kain flanel yang diwujudkan sumbu akan meresap air dan disalurkan pada tanaman cabe pada wadah komponen atas.


Beginilah model penanaman cabe dengan cara hidroponik wick. Kain flanel yang dijadikan sumbu akan menyerap air yang ditampung wadah komponen bawah (tandon) dan disalurkan pada tanaman cabe pada wadah bagian atas.



Pemberian Gizi


Seperti halnya tubuh, tanaman pun memerlukan gizi yang cukup untuk pertumbuhannya. Pakai nutrisi AB Mix yang memang dikhususkan untuk tanaman hidroponik. Anda bisa mulai memberikan gizi ini setelah tanaman menginjak umur seminggu sesudah penanaman. Untuk permulaan pemberian, gunakan sekitar 600 hingga 700 ppm gizi AB Mix dan larutkan dalam ember berisi air sebanyak 1 liter. Setelah jadi, masukkan pot atau cup tanaman cabe ke dalam ember berisi larutan nutrisi ini. Pastikan bila akar cabe menyentuh larutan gizi. Kemudian setiap sesudah 10 hari, anda bisa menaikkan kadar ppm nutrisi AB Mix ini sedikit demi sedikit hingga menempuh kadar maksimal yaitu sekitar 1260 sampai 1540 ppm. Anda juga dapat membuat gizi tanaman hidroponik sendiri. 


Pemeliharaan dan Pemupukan


Kemudian untuk memelihara tanaman cabe hidroponik ini, Anda perlu menjalankan pengaturan penyakit dan hama. Hama pada tanaman cabe umumnya ialah kutu daun, tungau, ulat, thrips dan lain sebagainya. Jikalau masih cenderung ringan, Anda bisa membersihkannya secara manual dengan buang komponen-bagian tanaman yang busuk atau terinfeksi penyakit. Namun seandainya sudah parah, Anda dapat menyemprotkan pestisida organik. Untuk membikin pestisida organik sendiri, dapat Anda baca disini. Kemudian untuk pemupukan, Anda dapat mengaplikasikan pupuk daun pada masa vegetatif dan pupuk buah pada masa generatif seperti pupuk gandasil, POC Nasa, Growmore dan lain sebagainya.


Tanaman cabe yang tumbuh tinggi mesti terus mendapatkan perhatian dan pemeliharaan supaya tumbuh subur, bisa berbuah dan terhindar dari pelbagai hama dan penyakit tanaman.


Tanaman cabe yang tumbuh tinggi harus tetap mendapatkan perhatian dan pemeliharaan supaya tumbuh subur, dapat berbuah dan terhindar dari beraneka hama dan penyakit tanaman.


Pemanenan


Menjelang masa pemanenan, cabe dapat dipanen pada umur 80 hingga 90 hari (3 bulan) setelah masa penanaman. Panen juga bisa dikerjakan ketika cabe sudah tua dan matang serta berwarna kemerahan untuk cabe rawit merah.


Nah, itulah beberapa tingkatan dalam membudidayakan cabe secara hidroponik dengan metode wick. Selamat mencoba dan semoga berkhasiat.


Tersedia berjenis-jenis macam varietas bibit cabe di warung online kami, mulai dari bibit cabe umum sampai cabe unik ada disini lho. Kecuali benih, ada pula berbagai perlengkapan hidroponik yang tersedia disini, buruan cek sebelum kehabisan!


Sumber : https://bibitbunga.com/cara-mudah-menanam-cabe-hidroponik-sistem-wick/

LihatTutupKomentar