-->

Ads

Pertanian Modern Hidroponik Yang Kaya Manfaat

Hidroponik : Solusi pertanian modern kaya manfaat


Indonesia diketahui sebagai heaven on earth atau surganya dunia. Julukan hal yang demikian disematkan bukan tanpa alasan karena Indonesia mempunyai keindahan dan kekayaan alam yang melimpah. Kecuali itu Indonesia juga dikenal dengan negara agraris sebab memiliki tanah yang subur dan cocok untuk pertanian.


Tapi situasi cuaca di Indonesia mengalami perubahan iklim cukup signifikan sebab beberapa faktor seperti efek gas rumah kaca, pemanasan global, gas buang industri, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu cara tanam hidroponik menjadi salah satu solusi. Lalu, apa itu hidroponik? Pada artikel kali ini aku akan menjelaskan mengenai metode tanam hidroponik disertai dengan keuntungan dan manfaatnya.



Hidroponik merupakan pertanian modern yang membudidayakan tanaman dengan memanfaatkan media dan bahan yang memiliki sifat porous (sifat tanah yang mempunyai pori-pori betul-betul banyak sehingga memiliki kesanggupan menyerap air yang tinggi), semisal sekam, rockwool, batu apung. Media-media hal yang demikian wajib steril dan nantinya akan dipakai sebagai daerah berpijaknya akar dan yang terpenting adalah fungsi air yang berkhasiat melarutkan nutrisi yang akan diserap oleh akar tanaman.


Metode perkembangan cara menanam hidroponik ada dua, merupakan:


1. Kultur air.


Yakni sistem yang menerapkan air sebagai media utamanya atau substrat tanamnya. Tanaman yang akan dibudidayakan diletakkan di dalam air yang sudah dicampur dengan unsur hara untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.


2. Kultur pasir.


Merupakan sistem hidroponik menerapkan pasir, arang, batu-batuan atau serabut kelapa sebagai substrat tanamnya yang sudah dicampur dengan elemen hara untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.


Metode tanam hidroponik ini juga diketahui memiliki pelbagai keunggulan yang amat menguntungkan, di antaranya:


1. Produksi tanaman lebih tinggi.


Produksi tanaman lebih tinggi dibandingi dengan sistem tanam menggunakan tanah. Ini sebab nutrisi yang terkandung dalam air gampang diserap oleh akar tanaman sehingga tanaman tidak memerlukan energi lebih untuk menyerap gizi. Karena tersebut berpengaruh kepada perkembangan tumbuhan yang semakin cepat dan optimal. Alasan lainnya sebab penggunaan media tanam yang steril dan tidak mengandung benih penyakit atau hama yang lazim tinggal di dalam tanah.



2. Solusi keterbatasan lahan.


Hanya sistem hidroponik ini tak menerapkan media tanah sebagai media tanam sehingga bisa menghemat lahan. Jika saja membutuhkan kreativitas tinggi untuk mendesain sistem tanam sehingga memberikan hasil yang melimpah.


3. Efisien pupuk dan air.


Sebab tersebut dikarenakan pemberian nutrisi pada waktu yang ideal dengan komposisi yang pantas. Tipe dalam perawatan tanaman intensif, kecuali dapat tumbuh lebih pesat juga hasil produksi bisa berkelanjutan.


4. Lebih gampang mengendalikan hama.


Sebab hal yang demikian karena tanaman berada dalam lingkungan yang gampang dikontrol manusia atau tak bergantung dengan alam atau cuaca.


5. Produk hidroponik lebih sehat dan aman dikonsumsi.


Macam dibudidayakan secara ramah lingkungan tanaman hidroponik lebih sehat dan aman dikonsumsi sebab memakai komponen yang bebas kontaminasi mikroorganisme dan pestisida berbahaya.


Tipe tanaman yang lazimnya mengaplikasikan metode hidroponik juga cukup bermacam-macam seperti selada, cabai, kangkung, stroberi, semangka dan masih banyak lagi.  opsi variasi tanaman yang akan ditanam memiliki skor ekonomis yang tinggi dan juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.


Nah, cukup banyak manfaat dari cara hidroponik. Bagi kau yang memiliki hobi bercocok tanam dapat mencoba metode hidroponik untuk menambah pengalaman berkebunmu.


Sumber : https://www.brilio.net/creator/hidroponik-solusi-pertanian-modern-kaya-manfaat-3a7d0a.html

LihatTutupKomentar