-->

Ads

Parsley Hidroponik, Cara Menanam Hingga Memanen

CARA MENANAM HINGGA MEMANEN PETERSELI


Parsley atau Peterseli yang mempunyai nama latin Petroselinum cripsum, ialah tanaman yang acap kali digunakan sebagai daun penghias makanan atau isian kroket. Peterseli disukai karena baunya harum, terutama saat dipanggang. Salah satu klasifikasi tumbuhan herbal ini rupanya dapat ditanam menggunakan metode hidroponik, simak tulisannya berikut ini :


Pemilihan media tanam



Media tanam ialah salah satu bagian penting yang harus dimiliki dan dipenuhi sebelum bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Media tanam yang bisa dipilih untuk menanam peterseli ; arang sekam, spons, rockwool, serabut kelapa, pasir, serbuk kayu dan lain sebagainya. Rockwool ialah media tanam yang paling acap kali dijumpai dalam menanam sawi.


Pembibitan sampai penyemaian


Bibit yakni prioritas pertama dan utama dalam progres penanaman. Baik tidaknya benih menjadi elemen utama yang memastikan berhasil tidaknya penanaman. Untuk mendapatkan benih yang berkwalitas. Pastikan kemasan benih terbuat dari aluminium dan kemasan segel, pastikan benih yang akan ditanam tak berumur lebih dari 70 hari dan disimpan kurang dari 3 tahun. Benih dengan kriteria seperti ini tersedia di Farmee.id. 


Apabila bibit telah disiapkan, selanjutnya dikerjakan penyemaian, Langkah-langkah penyemaian telah diulas pada artikel berikut.  Bentang waktu penyemaian kurang lebih 2 minggu, hingga bibit caisim sudah siap untuk ditanam.


Penanaman


Setelah bibit parsley tumbuh dan memiliki sekitar 4 lembar daun sejati, tanaman siap dipindahkan ke media instalasi, anda dapat memakai metode sumbu wick maupun NFT. Perlengkapan untuk kedua sistem hidroponik disediakan oleh Farmee.id. 



Kadar ppm yang pantas untuk tanaman hidroponik berada di kisaran 900 ppm dengan Ph 6.9. Parsley ini akan lebih maksimal sekiranya ditanam di dataran tinggi diatas 600 mdpl. Kepekatan nutrisi wajib dijaga supaya selalu stabil hingga tanaman menjelang masa panen.


Perawatan


Dalam kurun 2 hari sekali sebaiknya air nutrisi yang ada di ember diganti. Cara penggantian air nutrisi bisa diperhatikan pada artikel berikut.  Hal ini bertujuan supaya keperluan gizi dari parsley ini senantiasa tercukupi. Dikala akar parsley telah keluar dari lubang pot plastik dan tumbuh kian besar, tambahkan beberapa batu yang digunakan sebagai penopang tanaman, supaya pertumbuhan tanaman peterseli tegak lurus.


Pemanenan



Waktu yang dibutuhkan masing-masing tanaman peterseli  untuk panen pertama memang tak seragam, karena bertumpu dari kwalitas masing-masing benih permulaan, lingkungan ataupun situasi di sekitar masing-masing bibit pada dikala bertunas dan tumbuh, serta perawatan pada masing-masing tanaman Parsley hal yang demikian. Umumnya parsley ini bisa dipanen dalam jangka waktu dua hingga tiga bulan.


Sumber : https://farmee.id/cara-menanam-hingga-memanen-peterseli/

LihatTutupKomentar