-->

Ads

Peralatan Untuk Hidroponik Pemula

5 Alat Pokok yang Perlu Disiapkan untuk Hidroponik Pemula


Ingin langsung mencoba bertanam dengan metode Hidroponik?


Kali ini kita akan membahas alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk memulai bertanam secara Hidroponik. Kita akan mengaplikasikan teladan metode hidroponik yang paling sederhana merupakan cara wick yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya. Bagi yang belum baca, bisa baca dulu di SINI.


Alat dan bahan yang perlu disiapkan antara lain:


1. Net Pot



Net Pot dalam bercocok tanam sangatlah penting sebab yakni tempat tumbuhnya tanaman dari mulai pindah tanam sampai nanti panen. Berbeda dengan pot umumnya, net pot mempunya lubang yang banyak pada bagian bawah sehingga dapat dilewati akar. Rata-rata ukuran netpot berdiameter 5 cm dengan ketinggian kurang lebih 5 cm, sedangkan di pasaran banyak sekali dijumpai netpot dengan ukuran 7 cm, 10 cm dan sebagainya.


2. Media Tanam



Pengertian dan tipe-macam media tanam sudah pernah dibahas pada tulisan sebelumnya, dapat baca di LINK. Kali ini kita akan mengaplikasikan teladan Rockwool sebagai media tanam sebab bagi pemula akan lebih gampang menyemai bibit sayurannya.


3. Bibit Sayuran



Banyak sekali alternatif bibit sayuran, tapi untuk pemula disarankan mencoba sayuran daun antara lain: Sawi, Selada, Kangkung, Bayam, Pakchoy. Selain gampang tumbuh, tipe sayuran ini memiliki masa tanam yang cukup singkat dibandingkan sayuran buah seperti tomat dan cabe yang memerlukan lebih dari 2 bulan. Bibit yang dipakai ialah benih seperti pada cara tanam konvensional dan yang lainnya.


4. Metode Hidroponik


Tipe-macam metode hidroponik benar-benar pelbagai dan masing-masing metode banyak variasinya, untuk macam cara yang lebih kompleks akan dibahas pada artikel berikutnya. Cara Hidroponik tersebut antara lain: WICK, NFT, DFT, Rakit Apung, Dutch Bucket, Aeroponik, dll. Untuk pemula, dianjurkan memakai cara yang paling sederhana dahulu yaitu mengaplikasikan cara WICK.


5. Gizi Hidroponik



Nutrisi hidroponik adalah kunci utama dari hidroponik sebab tanaman bisa tumbuh normal seandainya telah dikasih gizi hidroponik. Di pasaran tersedia berjenis-jenis-tipe merk dan jenis gizi, ada gizi untuk sayuran daun, sayuran buah maupun untuk tanaman bunga.  kita pakai kali ini yaitu nutrisi daun karena yang kita tanam yakni sayuran macam daun.


Sumber : http://hidroponikpedia.com/alat-alat-yang-perlu-disiapkan-untuk-hidroponik-pemula/

LihatTutupKomentar