-->

Ads

Sayur Hidroponik Yang Mahal Di Pasaran

11 Ragam Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi


Tanaman yang ditanam dengan konsep hidroponik tidak bisa sembarang tanaman. Hidroponik yang memakai media tanam berupa air bernutrisi hanya layak untuk tanaman yang memiliki waktu singkat untuk mengalami pembuahan atau petunasan. Oleh karena itu, tak seluruh tanaman tepat bila ditanam dengan konsep hidroponik.


Jikalau Anda hendak memulai aktivitas hidroponik di dalam atau pelataran rumah, karenanya tentukan terutamanya dulu apa yang berkeinginan Anda tanam dan panen nanti. Untuk memudahkannya, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu ragam tanaman hidroponik yang memiliki skor ekonomi tinggi sehingga sewaktu-waktu dapat Anda jadikan hobi yang menjadikan. Berikut akan kami ulas sebagian ragam tanamannya.


1. Paprika



Paprika yaitu tanaman hortikultura berjenis sayuran yang mudah dan kencang mengalami pertumbuhan. Di Indonesia, paprika hanya dikonsumsi oleh sebagian orang saja. Pemakaian paprika lazimnya untuk menyedapkan rasa makanan atau bahan dasar pada masakan-masakan luar negeri berbasis sayuran.


Paprika sendiri yakni macam tanaman hidroponik yang menguntungkan untuk dibudidayakan. Untuk pembudidayaannya, paprika termasuk tanaman yang susah dioptimalkan secara konvensioal di tanah, tak seperti jenis cabai lain misalnya cabai rawit, cabai merah, dan cabai keriting. Tapi kini, kendala tersebut sudah bisa dipecahkan dengan membudidaya paprika secara hidroponik.


Pembudidayaan paprika dengan konsep hidroponik bisa memberi hasil pertanian 2,5 kg buah per tanaman jika diberikan perawatan intensif. Pendapatan tersebut lebih banyak ketimbang menanam paprika di tanah yang hanya menciptakan 1 kg buah per tanaman. Kecuali perlu diingat, agar bisa mendapatkan hasil optimal, maka dalam melaksanakan metode hidroponik untuk pembudidayaan paprika, Anda harus mengamati fokus nutrisi hidroponik yang didapat oleh paprika.


Paprika dianggap sebagai ragam tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomi tinggi dikarenakan sanggup menangkal penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung. Kecuali itu, paprika juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti menjaga kekuatan tahan tubuh, menjaga metabolisme tubuh, dan menangkal radikal bebas. Klik disini untuk memandang bermacam-macam tipe produk bibit paprika yang kami jual.


2. Tomat



Kecuali paprika, Anda juga dapat menanam tomat secara hidroponik. Tanaman berjenis sayur yang satu ini dapat ditanam dengan mudah mengaplikasikan sistem hidroponik. Modal utama yang diperlukan dan bahkan bisa menjadi penentu seberapa besar keberhasilannya hanyalah kemauan dan semangat untuk mencoba.


Untuk bercocok tanam tomat secara hidroponik, langkah pertama perlu Anda perhatikan yakni pemilihan bibit tomat yang bagus. Pengerjaan tomat bisa dibeli di kios pertanian, belilah bibit unggul agar hasil panen lebih memuaskan. Pakai berikutnya, Anda perlu melaksanakan penyemaian bibit tomat yang telah dibeli tadi. Namun media tanam seumpama serbuk sabut kelapa dan berikan perawatan rutin sampai berumur hampir satu bulan dan siap ditanam. Klik disini untuk memperhatikan beragam ragam produk benih tomat yang kami jual.


3. Timun Jepang



Timun Jepang atau Zucchini atau Kyuri yakni sayuran berbentuk panjang berwarna hijau yang menyerupai terong. Timun Jepang termasuk jenis sayuran hidroponik yang sedikit susah didapatkan, biasanya cuma ada di supermarket kota-kota besar. Kecuali dengan ditemukannya sistem bercocok tanam hidroponik, maka ketika ini kita bisa dengan mudah membeli timun Jepang atau bahkan menanamnya sendiri di pekarangan rumah.


Pembudidayaan timun Jepang dimulai dengan mempersiapkan media tanam, wadah tanam, pemeilihan benih, penyemaian benih, penanaman hasil semai, dan pemeliharaan teratur dengan larutan nutrisi hidroponik buatan sendiri dengan bahan organik dari sekitar atau mencampurkan pupuk organik siap pakai. Perawatan yang baik, benar, dan rutin akan memberikan hasil panen yang memuaskan. Klik disini untuk memperhatikan berbagai variasi produk benih timun yang kami jual.


4. Terong Jepang



Selain timun Jepang, ada juga terong Jepang yang termasuk ke dalam macam tanaman hidroponik sederhana dengan poin ekonomi tinggi untuk dibudidayakan. Terong yang berasal dari Jepang ini mempunyai warna ungu tua kehitaman. Selain bulat, ada yang panjang dan pendek alias bervariasi. Di dalam terong Jepang terkandung senyawa antioksidan dan vitamin B yang berguna untuk mencegah berjenis-jenis penyakit.


Sayuran yang telah populer di Jepang sebagai tempura dan campuran salad ini juga sudah mulai diketahui masyarakat Indonesia. Selain dijadikan makanan yang menyehatkan, terong jepang atau Hitokuchi nasubi juga sering dipakai untuk alat pengobatan alami. Kandungan serat di dalam kulit terong semisal, telah lama diketahui mengandung zat yang bisa mencegah kanker usus. Klik disini untuk melihat bermacam-macam jenis produk benih terong yang kami jual.


5. Selada



Tidak menjadi rahasia biasa bila selada termasuk sayuran yang dapat dibudidayakan dengan metode bercocok tanam hidroponik. Di Indonesia, daun selada umum dijumpai sebagai lalapan sayur untuk makan ayam goreng, pecel lele, dan sebagainya. Konsumsi selada secara rutin akan berakibat positif terhadap kesehatan tubuh manusia.


Bicara mengenai hidroponik tumbuhan sayur bernama selada, mereka yang telah lama berkecimpung tentu melihat peluang besar untuk memajukan ekonomi keluarga. Selada yang digolongkan ke dalam tanaman hidroponik bernilai ekonomi tinggi ini tercatat sudah ditanam pada lebih dari 300.000 hektar lahan dan mewujudkan 3 juta ton selada per tahunnya. Klik disini untuk melihat berbagai variasi produk bibit selada yang kami jual.


6. Seledri




Seledri hampir ada di setiap dapur rumah keluarga. Daun seledri yang mengeluarkan bebauan seperti itu khas kerap kali diterapkan sebagai penyedap kuliner berkuah. Meski jarang pula seledri ditaburkan sebagai bahan pemercantik masakan. Maya ukuran seledri terbilang mini, kandungan dan manfaat yang dimilikinya sungguh-sungguh banyak. Anda dapat menelurusi apa saja manfaat dari daun seledri di Berkaitan.


Kecuali dengan hidroponik, seledri juga termasuk tanaman yang bisa dibudidayakan dengan hidroponik sistem sumbu atau wick system dengan media air. Kecuali dengan cara sumbu, seledri juga dapat ditanam dengan sebagian metode hidroponik lain, seperti rakit apung atau water culture. Padahal cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum memulai budidaya seledri secara hidroponik, Anda juga seharusnya mengetahui kemampuan Anda dalam bercocok tanam hidroponik. Klik disini untuk memperhatikan berbagai tipe produk bibit seledri yang kami jual.


7. Melon



Banyak yang menganggap seandainya hidroponik hanya sesuai diterapkan untuk tanaman berjenis sayuran. Kerja, sebagian macam buah juga dapat ditanam secara hidroponik, seperti melon seumpama. Melon dapat dibudidayakan dan dipanen dengan hasil baik kalau Anda memperhatikan tiap progres yang dilewatinya.


Gunakan hidroponik melon diawali dengan langkah pemilihan bibit unggul, pembenihan, penyemaian, penanaman, pemberian larutan gizi, dan pemeliharaan hingga buah melon sudah siap dipanen. Namun yang perlu observasi untuk menanam melon hidroponik adalah lahan yang diaplikasikan. Pastikan Anda mempunyai pelataran rumah yang cukup luas untuk membudidayakan melon secara hidroponik. Klik disini untuk memandang beraneka ragam produk bibit melon yang kami jual.


8. Semangka



Semangka membawa manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Peran penting dari semangka dalam tubuh manusia salah satunya merupakan menolong menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh. Kandungan air di dalam semangka juga bisa dinikmati untuk melepaskan dahaga dikala cuaca panas. Dan sudah tentu, semangka juga termasuk variasi tanaman hidroponik yang mempunyai nilai ekonomi tinggi untuk dibudidayakan.


Anda dapat menggunakan konsep hidroponik untuk menanam semangka. Langkah-langkah yang perlu Anda observasi dan lewati dalam membudidaya tanaman semangka secara hidroponik merupakan pemilihan benih, kemudian dilanjut dengan mempersiapkan alat dan bahan untuk membikin sistem hidroponik, lalu menyemaikan tanaman, penanaman tanaman, pemeliharaan tanaman, dan progres panen tanaman semangka dikala umur 2 – 3 bulan sesudah masa tanam. Klik disini untuk memperhatikan berjenis-jenis jenis produk bibit semangka yang kami jual.


9. Anggur



Siapa yang tidak menyukai anggur? Tentu segala orang suka. Anggur merupakan buah yang telah tenar semenjak lama. Di Indonesia, anggur dapat dengan mudah didapatkan di toko-toko buah. Tanaman perdu ini biasa hidup di tempat dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Pembudidayaannya sudah diawali semenjak 6000 tahun lalu di tanah Eropa. Beberapa, ada sekitar 60 variasi varietas anggur yang dikonsumsi oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Klik disini untuk memandang berbagai tipe produk tanaman anggur yang kami jual.


Anggur bisa ditanam dengan sistem bercocok tanam hidroponik memakai media tanam selain tanah. Anda dapat dengan mudah melaksanakan budidaya anggur di tabulampot. Melainkan sebelumnya, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi supaya anggur bisa tumbuh dengan maksimal. Disadur syarat tumbuh anggur antara lain tempat yang kering (25 – 31 derajat celcius) serta kelembaban udara 40 – 60 persen, ditambah dengan intensitas matahari penuh sepanjang hari.


Tanaman anggur bisa tumbuh di daerah yang mencapai ketinggian 1 – 800 mdpl. Perbedaan ketinggian akan memengaruhi hasil pertumbuhan dan perkembangan anggur itu sendiri. Dalam pembudidayaan anggur, fase panen akan terjadi sesudah 90 – 100 hari semenjak terjadi pembungaan. Mengetahui-pedoman anggur siap panen merupakan warnanya yang telah merata dan butirannya mudah lepas.


10. Blueberry



Dikala dari bibitbunga.com, blueberry termasuk variasi tanaman hidroponik dengan nilai ekonomi tinggi untuk dilestarikan. Buah blueberry dikatakan unik karena bibitnya tidak dapat produktif pada tanah yang terlalu subur. Pengaplikasiannya hal tersebut, rupanya blueberry mengantongi karakteristik sebagai tanaman yang lebih gampang ditanam dengan sistem hidroponik karena menggunakan media tanam selain tanah.


Untuk membudidayakan buah blueberry Anda bisa mengaplikasikan media tanam seperti cocopeat. Wadah penyemai dapat mengaplikasikan pot kecil atau potongan botol, dan bukan polybag dikarenakan polybag dapat melepaskan zat kimia tertentu yang memengaruhi pengerjaan tumbuh blueberry. Klik disini untuk memperhatikan semua produk benih strawberry yang kami jual.


Catatan:

Polybag tetap aman untuk segala ragam tanaman, kecuali blueberry sebab mempunyai tingkat kepekaan dan sensitifitas yang tinggi kepada elemen dan zat-zat kimia.


11. Strawberry



Strawberry merupakan buah yang betul-betul terkenal di segala masyarakat dunia. Anda bisa dengan mudah menjumpai strawberry yang masih segar di dataran tinggi dan bersuhu dingin seperti pegunungan. Info ini, buah strawberry sudah banyak diterapkan sebagai bahan makanan seperti selai, produk minman, dan pemanis pada sebagian variasi kue.


Sudah yang berjenis-jenis menjadikan strawberry sebagai tanaman buah yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.  bagusnya, strawberry termasuk buah yang bisa ditanam secara hidroponik. Tidak banyak petani-petani Indonesia yang beralih dari cara bercocok tanam konvesional ke metode hidroponik dengan metode tetes yang lebih gampang dan praktis perawatannya. Klik disini untuk mengamati seluruh produk benih strawberry yang kami jual.


Itulah ke-11 ragam tanaman hidroponik yang mempunyai skor ekonomi tinggi untuk dibudidayakan. Anda bisa memilih salah satu atau sebagian variasi tanaman untuk ditanam sekalian di dalam maupun halaman rumah Anda. Dengan keberadaan tanaman di zona rumah, maka suasana rumah semakin ramai dan terlihat lebih menarik pastinya.


Sumber : https://bibitonline.com/artikel/11-jenis-tanaman-hidroponik-bernilai-ekonomi-tinggi



LihatTutupKomentar