✔ Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dengan Paralon

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon - Hidroponik adalah teknik bercocok tanam tanpa media tanah, sehingga tidak memerlukan ketersediaan lahan yang luas. Saat ini sudah banyak orang yang memanfaatkan teknik ini sebagai cara budidaya tanaman dengan lahan minim. 




Anda pun bisa mencobanya untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis budidaya skala kecil atau rumahan. Lantas bagaimana cara untuk bisa membuat teknik hidroponik ini menggunakan peralatan paralon? Untuk lebih jelasnya Anda bisa memperhatikan penjelasan detail di bawah ini.


Baca Juga : Sayuran Paling Laku Di Pasar


Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon Sederhana dan Mudah

1. Persiapkan alat dan bahan hidroponik

Cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon adalah dengan mempersiapkan peralatan dan bahan. Peralatan yang anda butuhkan adalah pipa paralon dengan diameter 3 inci, gelas plastik, serta sambungan paralon beserta penutupnya. Selain itu siapkan juga solder, alat bor, air, spons, gergaji, selang, pompa aquarium, serta biji tanaman hidroponik yang akan Anda pilih untuk ditanam.

2. Melubangi pipa paralon 

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah melubangi pipa paralon menggunakan bor. Pastikan anda membuat lubang sesuai dengan ukuran gelas plastik yang akan anda gunakan sebagai media tanam. Jangan lupa untuk memberi jarak antar lubang kira-kira 20 cm. Dengan cara yang sama, anda perlu melubangi satu pipa paralon lagi.

Setelah itu tutup salah satu ujung pipa paralon dan hubungkan dengan lubang pipa paralon lainnya memakai sambungan yang sudah disiapkan. Cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon selanjutnya, yakni kunci ujung pipa paralon menggunakan penutup sesuai dengan ukurannya.

3. Melubangi gelas plastik 

Setelah anda selesai membuat pipa untuk tempat penanaman, kini Anda bisa melubangi gelas yang akan dipakai sebagai media. Anda bisa menggunakan solder atau menggunakan cutter maupun pisau. Setelah selesai, letakkan gelas plastik yang sudah anda buat pada lubang pipa paralon. Sisakan 1 lubang paralon sebagai jalan untuk memberikan nutrisi pada cairan yang ada di dalam pipa.

4. Memasang pompa air 

Cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon bisa menggunakan selang dan pompa air sebagai pengairan. Cara kerja pompa ini adalah dengan sistem irigasi dan berlaku untuk teknik hidroponik sistem drip. Tetapi bila anda menggunakan sistem sumbu, anda tidak memerlukan adanya pompa air sebagai irigasi.

cleanipedia.com


5. Meletakkan bibit tanaman

Setelah semua proses selesai anda perlu meletakkan bibit tanaman pada tempat yang sudah disediakan. Anda bisa menyiapkan spons yang sudah dipotong-potong kecil ke ukuran gelas plastik yang Anda gunakan. Anda bisa memotongnya dengan ukuran kurang lebih 2 cm atau 3 cm sebagai tempat untuk meletakkan bibit tanaman.

Letakkan semua bibit tersebut sesuai dengan jumlah gelas atau pot yang anda siapkan. Setelah itu masukkan semua spons tersebut pada gelas yang berada di pipa. Cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon dengan penggunaan spons ini tidak hanya sebagai alat penanaman, tetapi juga mampu menyerap air lebih lama agar tanaman tetap ternutrisi.

6. Berikan larutan nutrisi 

Setelah semua cara pembuatan teknik hidroponik selesai ini, anda tinggal melakukan perawatan agar tanaman berhasil tumbuh dengan subur dan baik. Secara rutin, anda perlu memberikan larutan nutrisi pada tanaman budidaya hidroponik tersebut.

Itulah tadi bagaimana cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon di rumah sendiri dengan cara sederhana dan mudah. Jadi kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam. Manfaatkan teknik budidaya hidroponik di rumah anda.




LihatTutupKomentar