-->

Ads

Pembibitan Hidroponik Dengan Mudah Dan Sederhana

Pembenihan Tanaman Hidroponik


Pembenihan tanaman hidroponik sebetulnya hampir sama dengan penyemaian benih tanaman lazim, cuma saja media yang diaplikasikan berbeda. Hidroponik berasal dari kata hidro yang berarti air. Artinya hidroponik yakni sistem penanaman yang menggunakan media air.


Manfaat penanaman dengan sistem hidroponik adalah lebih mudah dalam pengontrolan hama tanaman, sehingga tanaman akan lebih tahan penyakit. Selain itu, progres pertumbuhan tanaman dalam media hidrponik lebih sempurna karena pencahayaan sang surya akan lebih baik memancar ke tanaman.


Manfaat lain dari cara hidroponik ialah tak memerlukan banyak air dan juga tanpa penyiraman tanaman tiap-tiap waktu, sehingga lebih hemat waktu. Tanaman hidroponik juga lebih sehat karena mudahnya pengaturan hama sehingga bebas dari bahan kimia pestisida dan herbisida yang beracun dan tak berteman dengan lingkungan.



Sistem Pembenihan Tanaman Hidroponik


Pilihlah bibit unggul tanaman yang hendak ditanam secara hidroponik. Kriteria benih unggul tanaman merupakan yang tahan penyakit, berasal dari okulasi, tanaman akan tumbuh total, dan dari bibit yang bagus. Bahan yang dibutuhkan untuk menanam hidroponik antara lain, rockwoll, sabut kelapa, pot hidroponik, sumbu flanel.


Untuk hasil yang sempurna, gunakanlah rockwoll atau cocopeat (sabut kelapa). Rockwoll terbuat dari bebatuan yang dipanaskan sampai mencari menyusun lava, dan kemudian dibentuk seperti serat-serat, dan kemudian disusun sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Kami sudah menyediakan media rockwoll dan bibit tanaman unggul. Sehingga memudahkan Anda untuk menanam dan budidaya tanaman secara hidroponik.


Pembenihan tanaman hidroponik diawali dari persemaian biji. Jikalau mengaplikasikan media tanam rockwoll penyemaian akan lebih gampang. Lubangi rockwoll untuk meletakan biji, cuma sedalam 1 cm saja. Basahi rockwoll secukupnya jangan hingga berair kuyub. Biarkan 2-3 hari sampai tanaman tumbuh daun sampai 3 helai. Siapkan pot dan tempat menaruh air. Menonjol gambar di bawah ini, merupakan paket dari pembenihan hidroponik yang juga telah kami sediakan.


Banyak media yang dapat digunkana untuk pembibitan tanaman hidroponik. Anda dapat juga mengaplikasikan botol bekas yang ada di sekitar rumah Anda.


Sumber : https://bibitonline.com/artikel/pembibitan-tanaman-hidroponik


LihatTutupKomentar