-->

Ads

Tanaman Hidroponik Indoor Yang Bisa Mempercantik Rumah

5 Kiat Membikin Tanaman Hidroponik Indoor


Hidroponik yaitu metode berkebun yang ideal untuk lahan sempit. Bahkan, Bunda yang tinggal di perkotaan dan tidak punya taman tetap dapat berkebun hidroponik kok.


Bunda bisa berkebun hidroponik di dalam rumah lho. Jadi, betul-betul cocok untuk Bunda yang tidak punya taman di rumah.


Mengutip Gardening Tips, ini 5 kiat membikin tanaman hidroponik indoor:



1. Pertimbangkan ruang


Sebelum memilih metode hidroponik, sebaiknya Bunda menentukan lingkungan tumbuh. Pastikan ruangnya cukup untuk perkembangan akar tanaman.


Jadi, tentukan metode hidroponik yang ukurannya pantas dengan ruang dan jenis tanaman ya. Supaya tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan baik.


2. Cek pH air


Tanaman hidroponik hanya dapat tumbuh dengan bagus jika menerima nutrisi yang cukup. Nah, gizi ini didapatkan dari larutan.


Penyerapan gizi yang maksimal diberi pengaruh oleh pH air nih. Jikalau pH air tak cocok, larutan nutrisi tidak akan terserap dengan baik oleh akar tanaman.


3. Cahaya yang dibutuhkan


Jarang ditanam di dalam ruangan, tanaman hidroponik tak menerima cahaya matahari. Makanya, Bunda perlu memberikan sinar buatan dari lampu nih.


Sinar buatan harus dimatikan dan dinyalakan pada jam yang sama tiap-tiap harinya. Sesuaikan dengan jumlah sinar yang dibutuhkan tanaman hidroponik ya.



4. Rutin mengganti air


Air yaitu faktor paling penting dalam menanam sayur dan buah hidroponik. Nah, Bunda perlu mengganti air dan nutrisi tiap-tiap dua pekan sekali.


Saat mengganti larutan, Bunda membutuhkan wadah lain berisi air sambil menunggu pergantian nutrisi. Bersihkan dan sterilisasi cara hidroponik, baru isi kembali larutan nutrisi.


5. Membersihkan sistem hidroponik


Kebersihan menjadi unsur utama supaya memperoleh tanaman hidroponik yang subur. Nah, Bunda harus membersihkan sistem hidroponik secara rutin supaya bebas dari hama dan penyakit.


Bersihkan cara hidroponik tiap-tiap selesai panen ya. Metode membersihkannya yakni dengan menyikat growing tray.


Sumber : https://www.haibunda.com/moms-life/20201021140104-76-168524/5-tips-membuat-tanaman-hidroponik-indoor/3

LihatTutupKomentar