-->

Ads

Hidroponik Di Tembok Cara Membikinnya

Cara Membikin Tanaman Hidroponik di Dinding


Cara membuat tanaman hidroponik tidak seharusnya senantiasa dihalaman rumah, bagi anda yang tidak mempunyai cukup halaman maka anda bisa mencoba untuk membuat tanaman hidroponik di dinding. Ya, di dinding, inilah kelebihan tanaman hidroponik yang dapat ditanam dimana saja sebab tak memerlukan tanah. Sehingga menghasilkan hidroponik sebagai solusi bagi anda yang mau berbudidaya tanaman tapi tak mempunyai cukup lahan.


Jumlah tanaman dan rangkaian metode hidroponik bisa disesuaikan dengan luas ketersediaan dinding dirumah anda, sehingga membikin tanaman hidroponik di dinding ini cukup effisien dalam pembiayaannya. Berikut ini tutorial metode membuat tanaman hidroponik di dinding rumah anda.



1. Siapkan pipa PVC 3 inchi yang panjangnya disesuaikan dengan keperluan, kita misalkan 2 meter pipa PVC. Buat lubang dengan diameter 5cm dengan jarak antar lubang tanaman sebesar 15 cm.


2.  Pasang pipa PVC di dinding dengan kemiringan tidak lebih dari 5%, pasang pipa dengan rapat ke dinding. Jarak pipa PVC diatas dengan pipa PVC dibawahnya kurang lebih 40cm. Hubungkan pipa satu dengan lainnya dengan pip “L” dan pipa ukuran kecil 1 inchi. Pastikan instalasi cukup kuat sehingga nantinya dapat menopang tanaman dewasa yang tumbuh besar diatas pipa.


3. Pasang saluran pembuangan dibagian pipa paling bawah dan saluran masuk larutan dibagian pipa paling atas. Popma mengaplikasikan energi 120 watt dan sediakan tanggki untuk kapasitas 100 liter.


4. Isi kontainer dengan larutan nutrisi, nyalakan pompa air. Karenanya air akan mengalir keatas dan mengalir meniru instalasi pipa. Aliran gizi akan turun dengan bantuan gravitasi, sehingga usahakan kemiringan tak lebih dari 5% agar air tak mengalir terlalu kencang atau terlalu lambat.


Dengan membuat tanaman hidroponik di dinding, karenanya akan memberikan nilai estetika tersediri untuk rumah anda. Sehingga halaman sempit bukan lagi menjadi kendala untuk menjalankan budidaya tanaman secara hidroponik.


http://tooreeman.blogspot.com/2016/02/cara-membuat-tanaman-hidroponik-di_19.html

LihatTutupKomentar