-->

Ads

Sayur Pakcoy Hidroponik Pasti Panen Melimpah

PANEN PAKCOY HIDROPONIK


Tanaman pakcoy ialah salah satu tanaman sayuran yang banyak digemari para pecinta hidroponik. Kecuali karena banyak kuliner yang bisa dibuat dari pakcoy, harganya juga murah dan gampang untuk ditanam sendiri. Pakcoy masih tergolong tanaman sawi-sawian dan perlakuan dikala menanamnya juga hampir sama. Berminat untuk langsung menikmati panen pakcoy hidroponik ? Yuk simak artikel berikut ya


Cara Semai Pakcoy Hidroponik

  1. Siapkan alat dan bahan, seperti Rockwool, bibit pakcoy, gergaji besi/cutter, dan instalasi/media hidroponik
  2. Rendam bibit dengan air hangat selama 12-24 jam
  3. Sesudah benih pakcoy sudah sprout, berikutnya akan disemai di rockwool.
  4. Rockwool sebagai media tanam pakcoy terlebih dulu dipotong dengan ukuran 2 x 2 x 2 x 1 masih aman.
  5. Masukkan bibit pakcoy ke rockwool yang sudah dilubangi, 1 kotak 1 lubang dengan posisi kecambah di bawah (1 lubang diisi 1 bibit)
  6. Setelah bibit masuk ke media tanam, basahi dengan air, kemudian tutup dan simpan ditempat yang adem.
  7. Senantiasa rutin untuk cek kelembapan rockwool. Siram setidaknya 2 kali sehari. Tapi tetap perhatikan media tanam jangan sampai berair karena yang dibutuhkan pada cara kerja penyemaian ialah lembab dan bukan berair.
  8. Kemudian dalam waktu 2 – 3 hari, biji pakcoy akan berkecambah. Pada situasi ini, seketika perkenalkan tanaman dengan cahaya matahari namun bukan matahari yang terik.
  9. Tetap jaga kelembapan media tanam



Progres Pindah Tanam Pakcoy hidroponik

Pindah tanam benih pakcoy bisa dikerjakan setelah muncul daun sejati. Saat hal itu terjadi, artinya perakaran tanaman telah cukup kokoh untuk dipindah tanamkan. Benih pakcoy dipindah bersamaan dengan media tanam rockwool ke dalam netpot. Sesudah itu, netpot yang sudah berisi tanaman pakcoy dimasukkan ke dalam lubang instalasi / media hidroponik lainnya.


Pemberian gizi dan pH Packcoy hidroponik

Gizi pada Pakcoy :

  • Usahakan gunakan air baku yang memiliki PPM dibawah 100.
  • Pada saat membikin larutan dengan kadar PPM 500, perbandingan yang diperlukan yakni 1 Liter air baku yang di tambah dengan 3 ml nutrisi AB-Mix (1 liter air baku + 3 ml gizi A + 3 ml nutrisi B).
  • Jikalau kadar PPM terlalu tinggi, metode menurunkannya silahkan tambahkan air baku secara pelan sampai kadar PPM sesuai dengan yang diinginkan, ingat tambahkan air baku secara perlahan hingga dirasa kadar PPM sudah turun cocok yang diinginkan.
  • Angka toleransi kadar PPM merupakan ±50.

Note : Untuk PPM optimal yang dikehendaki oleh tanaman pakcoy hidroponik tumbuh yaitu sebesar 1.050 – 1.400 PPM


pH pada Pakcoy :

Ukuran pH pada budidaya pakcoy hidroponik akan memberi pengaruh hasil panen pakcoy hidroponik, karenanya degan demikian pH juga perlu dilihat. Usahakan ukuran pH pakcoy yakni 7. Apabila nilai pH ketinggian atau kerendahan, bisa mengaplikasikan pH up/down sebagai solusi. Gunakan pH meter untuk mengevaluasi pH pada air hidroponik dan TDS meter untuk menilai kadar nutrisi hidroponik. Segala kebutuhan berhidroponik tersedia di Farmee.


Lama Waktu Budidaya Pakcoy

Masa tanam pakcoy supaya dapat dipanen merupakan 35 – 45 hari, namun ada juga sahabat berkebun yang telah memanen pakcoy pada waktu masih berumur 20 – 25 hari. Situasi ini sering kali disebut dengan Baby Pakcoy.



Panen Pakcoy Hidroponik

Pemanenan pakcoy sebaiknya dilaksanakan pada siang atau sore hari (pakcoy dalam situasi segar) dan sebelum pakcoy disimpan, menyemprot daun-daun pakcoy akan memberikan kesejukan pada tanaman lebih lama.


Bibit Unggul Pakcoy Farmee

Pakcoy yaitu tanaman sayuran yang kaya akan gizi dan mineral. Mengonsumsi pakcoy akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, diantaranya menghilangkan kerutan, menjaga kesehatan tulang, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga energi gigi, meningkatkan kekebalan tubuh, memberi perlindungan dari kanker, menstabilkan kadar gula darah, mencegah kerusakan sel, dan mengurangi peradangan kronis.


Farmee menyediakan benih unggul yang bisa sahabat berkebun pesan untuk memulai menanam pakcoy. Benih unggul pakcoy Farmee ialah bibit terpercaya dan sudah terbukti mewujudkan sayuran yang renyah. Pemesanan bibit bisa dilaksanakan dengan kontak kami sekarang melalui nomor di laman atau DM di instagram. Tidak hanya benih, Farmee juga menyediakan paket instalasi hidroponik yang dapat seketika digunakan untuk menanam! Dan tentunya kami akan dampingi sampai sukses panen. So, tunggu apalagi ?


https://farmee.id/budidaya-pakcoy-hidroponik/

LihatTutupKomentar