-->

Ads

Kolam Hidroponik Sayuran Dengan Memanfaatkan Kolam Ikan

Memanfaatkan Kolam Ikan Untuk Hidroponik


"Kebetulan di wilayah ini banyak kolam ikan, melainkan air pembuangannya belum dioptimalkan sehingga kami buat untuk hidroponik"


Berbagai cara dijalankan untuk memberikan skor lebih pada sesuatu yang terbuang agar menjadi lebih berkhasiat. Seperti yang dikerjakan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta atau UNS dengan memanfaatkan air kolam ikan untuk tanaman hidroponik.


Kesibukan membuat tanaman hidroponik tersebut dikerjakan mahasiswa dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.



Sistem menanam tanaman hidroponik hingga kini makin meningkat peminatnya. Apalagi sistem menanam ini bisa dilaksanakan tanpa perlu menerapkan media tanah dan lahan yang luas. Dengan menggunakan cara menanam hidroponik, karenanya kau tidak perlu lagi memusingkan diri akan menanam di mana, karena kamu dapat menanam di mana malahan.


Salah satu sistem menanam hidroponik adalah metode aquaponik. Aquaponik merupakan cara memelihara ikan dan tumbuhan di satu daerah tanpa membuang banyak uang rupanya bisa dijalankan. Orang-orang mengenal cara budidaya ini sebagai metode aquaponik.


Sahabat tani pasti sudah pernah mendengar mengenai aqiaponik, budidaya tanaman dengan memanfaatkan air kolam ikan sebagai media tanamnya


"Kebetulan di kawasan ini banyak kolam ikan, tapi air pembuangannya belum dikembangkan sehingga kami buat untuk hidroponik. Air kotoran kolam ikan dirubah menjadi gizi dan baik untuk tanaman," ujar Ketua Kategori 203 KKN UNS, Restu Anugrah Pangestu, Pekan (29/8).


Dibeberkan, sempurna ada sekitar 1.300 lubang dengan aneka tipe tanaman seperti slada, kangkung dan bayam merah. Diharapkan hasil panen bisa dimanfaatkan warga sekitar. Selanjutnya dioptimalkan agar mempunyai skor ekonomis dikemudian hari.


"Menanam sayuran dengan metode hidroponik tidak memerlukan modal banyak. Kecuali itu perawatan mudah dan akibatnya maksimal. Ini 35 hari dapat dipanen," ujarnya.


Kepala Desa Nglinggi, Sugeng Mulyadi, mengapresiasi program KKN UNS di desanya. Budidaya tanaman hidroponik menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program pembangunan Edupark Desa Nglinggi.


Pihaknya ingin melalui program tersebut dapat memberikan pelajaran bagi generasi muda akan pentingnya berwirausaha dan belajar menanam.


"Kami menghargai apa yang dilakukan mahasiswa UNS yang mencoba mengawali menggerakkan kembali apa yang ada di kawasan Edupark Desa Nglinggi, salah satunya dengan hidroponik," ujarnya.


https://jagadtani.com/read/2365/memanfaatkan-kolam-ikan-untuk-hidroponik

LihatTutupKomentar