-->

Ads

Sayur Hidroponik Paling Mahal Gampang Dibudidayakan

10 Tanaman hidroponik bernilai jual tinggi, gampang dibudidayakan


Budidaya tanaman hidroponik memang semacam itu menguntungkan sekiranya digeluti dengan baik. Metode hidroponik ini merupakan metode tanam dengan menerapkan bantuan air. Sehingga tanaman tak ditanam di atas tanah seperti sistem tanam pada umumnya. Dalam hidroponik ini keperluan pertumbuhan tanaman seperti mineral dan nutrisi dapat diganti dengan menerapkan arang sekam.


Kecuali itu hidroponik familiar dengan kemudahannya dalam menanam sayuran. Sebagai pemula yang tidak pernah belajar pertanian sama sekali, tidak perlu kuatir sebab hidroponik benar-benar gampang diaplikasikan oleh siapapun. Terutama menanam dengan hidroponik ini tak perlu memakai lahan yang semacam itu luas.


Hasil dari tanaman hidroponik ini tentunya juga berbeda dari tanaman pada umumnya. Malahan tanaman yang ditanam dengan metode ini juga tidak bisa sembarangan. Biasanya cuma cocok untuk tanaman yang memiliki waktu singkat untuk mengalami pembuahan atau petunasan. Jadi tidak seluruh tumbuhan ideal ditanam dengan cara hidroponik.


Nah, untuk kau yang mungkin mau mencoba praktik menanam tanaman hidroponik tak ada salahnya menentukan lebih-lebih dahulu tanaman hal yang demikian. Salah satu pertimbangannya yaitu pilih tanaman hidroponik yang bernilai jual tinggi. Kalau tahu kecuali dikonsumsi kau juga dapat menghasilkan ini sebagai salah satu kegiatan yang menjadikan.


Berikut ini 10 tanaman hidroponik bernilai jual tinggi yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/1).


1. Selada.

Tanaman hidroponik bernilai jual tinggi yang pertama adalah selada. Ya, telah bukan rahasia lazim lagi jikalau selada bisa dibudidayakan dengan metode hidroponik. Masyarakat Indonesia umumnya mengkonsumsi selada untuk lalapan sayur, seperti ayam goreng, pepe lele dan banyak lainnya. Mengonsumsinya secara rutin juga dapat memberikan efek positif bagi tubuh manusia.


Selanjutnya beratensi kamu dapat mencoba menanam selada karena sayuran ini digolongankan ke dalam tanaman hidroponik bernilai jual tinggi. Sehingga pantas buat kamu yang berkeinginan memandang kesempatan besar untuk memajukan ekonomi keluarga.


2. Paprika.

Menghasilkan ada paprika atau Capsicum annuum L. yang yaitu tanaman yang masih satu keluarga dengan tanaman cabe. Kecuali buah manis dengan sedikit pedas yang lazimnya dipakai sebagai campuran bahan kuliner.


Selain itu paprika juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini biasanya dipasarkan di pasar atau supermarket dengan harga yang cukup mahal. Ragam heran bila paprika ini memiliki poin ekonomis yang tinggi.


3. Terong Jepang.



Terong Jepang mempunyai format yang beragam-ragam, ada panjang, bulat, dan pendek. Tak sayuran dari Jepang ini seringkali diterapkan sebagai tempura dan campuran salad. Variasi cuma itu terong Jepang juga diaplikasikan sebagai salah satu pengobatan natural. Di antaranya juga dimanfaatkan khasiatnya untuk mencegah kanker usus.


4. Tomat.

Selain terong ada juga buah tomat yang dapat ditanam secara hidroponik. Untuk bercocok tanam tomat secara hidroponik, langkah pertama yang perlu dilihat yakni pemilihan bibit yang baik. Pilihlah bibit unggul agar hasil panen lebih memuaskan.


Lakukan penyemaian bibit yang telah disiapkan. Berikutnya juga dapat memakai serbuk sabut kelapa untuk dibuat media tanam. Berikan perawatan rutin hingga tanaman berumur satu bulan dan siap di tanam.


5. Melon.

Menciptakan tanaman hidroponik bernilai jual tinggi, melon. Melon yakni tanaman dari suku labu-labuan. Buahnya dapat diciptakan pencuci mulut. Dagingnya ini biasanya berwarna merah hingga putih dan bertekstur lunak. Menanam melon yakni salah satu cara untuk mendapatkan profit. Hasil melimpah yang didapatkan dari menanam melon jadi salah satu hal yang dapat jadi semangat.


6. Strawberry.

Selanjutnya dengan gampang dapat menemukan tanaman strawberry segar ini di dataran tinggi dan temperatur tinggi. Buah merah ini juga telah banyak diaplikasikan sebagai olahan bahan makanan seperti selai, pemanis pada kue, dan produk minuman.


Bahkan yang bermacam-macam menciptakan strawberry sebagai salah satu tanaman buah yang mempunyai skor jual tinggi. Menariknya tanaman ini bisa ditanam secara hidroponik karena lebih mudah dan praktis.


7. Semangka.

Semangka adalah buah yang berdaging tebal dan kaya kandungan air ini, telah sejak lama digemari banyak masyarakat secara luas. Bahkan buah yang kerap kali dikonsumsi saat cuaca panas ini selain cakap melepas dahaga juga mempunyai peran penting bagi tubuh manusia. Salah satunya menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh. Tentunya semangka dapat ditanam dengan sistem hidroponik yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk dibudidayakan.


8. Timun Jepang.



Timun Jepang merupakan sayuran berbentuk panjang berwarna hijau menyerupai terong. Timun Jepang termasuk ragam sayuran hidroponik yang sedikit sulit diperoleh, umumnya cuma ada di supermarket kota besar.


Dengan cara menanam hidroponik ini, kamu bisa menemukannya di pelataran sehingga dengan gampang kau bisa mengonsumsinya tanpa harus membelinya. Untuk menanam tanaman timun Jepang ini perlu perawatan yang bagus, benar, dan rutin sehingga memberikan hasil panen yang memuaskan.


9. Anggur.

Buah berbentuk bulat kecil bernama anggur ini diketahui dan digemari banyak orang. Dimana buah ini memiliki ciri khas yang unik, adalah bercita rasa manis agak asam, serta kaya akan kandungan gizi. Banyak orang mengonsumsinya mentah ataupun diolah menjadi jus, selai dan bentuk olahan lainnya.


Nah, tanaman anggur ini lazimnya hidup di tempat dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Anggur ini dapat dibudidayakan dengan sistem hidroponik, memakai media tanam kecuali tanah. Pastikan juga untuk menanam tanaman ini, tempat seharusnya mempunyai kelembaban udara 40 – 60 persen, ditambah dengan intensitas sang surya penuh sepanjang hari.


10. Seledri.

Tidak sayuran yang satu ini bisa ditanam secara hidroponik dengan menerapkan metode sumbu atau wick system. Tipe cuma metode sumbu, seledri sebenarnya juga bisa ditanam hidroponik dengan sistem lainnya seperti rakit apung atau water culture.


 metode hidroponik tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Dibalik ukuran seledri yang terbilang mini, ada banyak kandungan dan manfaat yang ada di dalamnya.


https://www.brilio.net/wow/10-tanaman-hidroponik-bernilai-jual-tinggi-mudah-dibudidayakan-210129d.html

LihatTutupKomentar