-->

✔️ Bertanam Hidroponik Dengan Paralon

Bertanam Hidroponik Dengan Paralon Ada banyak cara membuat instalasi hidroponik sesuai jenisnya. Hidroponik sebagai cara bercocok tanam yang tengah populer digunakan masyarakat perkotaan dengan lahan terbatas. Hidroponik dipilih karena praktis, tidak memerlukan pengelolaan tanah sebelum proses penanaman.


edukasi.lif.co.id



Media tanam tanah yang berfungsi sebagai media tanam utama digantikan dengan berbagai bahan tanam, sebut saja semisalnya rockwool, arang sekam, cocopeat, kerikil atau pasir, dan pemenuhan unsur hara akan dipenuhi dengan pemberian larutan nutrisi dari pupuk AB Mix yang ada.


Cara Membuat Instalasi Hidroponik sendiri di rumah


Hidroponik sebagai metode bercocok tanam bisa dilakukan dalam berbagai kondisi lingkungan dengan instalasi yang tepat. Instalasi yang umum digunakan adalah menggunakan pipa pvc karena lebih mudah ditemukan. Kamu yang ingin merakit instalasi hidroponik jenis ini sendiri di rumah bisa dengan memgikuti 5 cara berikut. 


1. Ukur Luas Lahan


Luas lahan perlu untuk doukur terlebih dahulu dan dilakukan sebelum memulai rancangan kerangka instalasi. Dengan budidaya secara hidroponik bisa dilakukan pada lahan sempit, perlu juga dilakukan pengukuran tempat yang akan digunakan meletakkan instalasi hidroponik. Rencanakan dengan matang memgenai luas lahan yang akan digunakan untuk menentukkan dan merencanakan ukuran daripada instalasi yang akan digunakan. Kamu sangat bisa menggunakan atap rumah yang datar, halaman depan hingga dinding pada rumah sekalipun. 


2. Menggambar Kerangka Instalasi


Kerangka instalasi perlu digamabar pada tahap awal karena sangat membantu untuk menghitung kebutuhan dan pengeluaran daripada hal tersebut. Lahan yang telah diukur sebagai dasar membuat gambaran kerangka sehingga kerangka instalasi tidak offside dari ukuran lahan yang digunakan nantinya. Menggambar kerangka digunakan untuk memerhitungkan kebutuhan daripada pengeluaran untuk sebuah instalasi agar tidak over budgeting.


Penggambaran pada kerangka memuat ukuran-ukuran pipa yang akan digunakan sehingga lebih efisien dalam pembelian alat dan bahan yang digunakan. Kamu perlu merencanakan kerangka instalasi yang akan digunukan dengan matang agar instalasi yang dihasilkan mampu digunakan dan bermanfaat dengan baik. 


3. Potong Kerangka Sesuai Ukuran


Pipa pvc dipotong sesuai ukuran yang telah direncanakan di awal proses. Kemudian daripada yang kamu perlu lakuka adalah menyiapkan alat dan bahan yang digunakan. Siapkan alat dan bahan sesuai keperluan juga perincian untuk lebih efisien. Ukur dan potong pipa yang akan digunakan sesuai ukuran pada gambar kerangka. Kamu harus melubangi pipa yang akan digunakan menggunakan bor listrik dan jangan lupa untuk pastikan jarak antar lubang telah diperhitungkan sebelumnya, yaaa.


4. Pasang Perangkat Instalasi


Di tahap ini proses pemasangan pompa air menjadi tahapan akhir setelah kerangka terbentuk. Pipa yang telah dipotong dan dilubangi dirakit menjadi satu kesatuan utuh itu wajib kamu lakukan, yaa. Kemudian yang harus kamu lakukan dan perhatikan adalah dengan merekatkan setiap potongan pipa menggunakan lem khusus pipa. Kerangka sudah terlihat terbentuk, kemudian kamu pasang perangkat instalasi lainnya, seperti pompa akuarium pada tandon atau bak penampung. Kaitkan pompa akuarium dengan pipa paralon kecil berukuran 0,5” guna sebagi media atau jalan keluar masuknya air dari bak penampung ke instalasi dan kembali ke bak penampung.





5. Pastikan Instalasi


Ketika instalasi sudah siap digunakan, kamu harus sudah dipastikan instalasi berjalan dengan baik dan sesuai. Proses selanjutnya setelah semua instalasi terpasang dengan baik, kamu wajib pastikan kembali terkait semua bagian instalasi bisa berjalan dengan baik dan sesuai. Cek air apakah sudah mampu mengalir pada segala sisi instalasi sehingga larutan nutrisi bisa mengalir ke semua paralon dan tanaman dapat tumbuh dengan baik nantinya. Cobalah untuk kamu hidupkan mesin pompa air yang digunakan dan perhatikan apakah air mengalir sampai tempat yang paling jauh dari bak penampung air.



Baca Juga : Ukuran Pipa Paralon Untuk Hidroponik


Nah, bagaimana menurut kamu Bertanam Hidroponik Dengan Paralon, cukup gampang, bukan? Monggo dicoba untuk membuktikan kemudahannya. 


LihatTutupKomentar