-->

✔️ Tanaman Yang Bisa Di Hidroponik

Tanaman Yang Bisa Di Hidroponik - Berkebun merupakan salah satu alternatif untuk mengisi kekosongan selama berada di rumah. Berkebun juga memiliki banyak manfaat. Sayangnya tidak semua orang memiliki pekarangan yang luas untuk lahan tanam. Namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi, karena dengan membuat pertanian vertikal dengan instalasi hidroponik Anda bisa berkebun tanpa harus memikirkan luas lahan.



Dengan menggunakan Sayur dan Buah dengan teknik hidroponik, Anda tidak perlu memiliki pekarangan atau lahan yang luas. Anda hanya perlu memaparkan tanaman Anda pada sinar matahari yang cukup untuk proses fotosintesis. Biasanya sayuran membutuhkan sekitar enam jam paparan sinar matahari. Menanam dengan sistem hidroponik itu mudah dan siapapun bisa melakukannya.





Selain lebih hemat lahan, menanam secara hidroponik juga dikenal sebagai metode tanam cepat tumbuh. Bahkan masa panen hidroponik bisa dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Hal itu bisa terjadi karena hidroponik menggunakan media air dengan unsur hara tinggi sehingga mampu membuat tanaman tumbuh subur.



☛ kubis

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang mudah dibudidayakan secara hidroponik, anda hanya perlu memperhatikan asupan nutrisi agar tanaman tumbuh subur dan cepat panen.



☛ bayam

Salah satu tanaman yang dapat tumbuh baik dengan media hidroponik adalah bayam. Ini karena bayam tumbuh subur jika ditanam menggunakan air. Bayam tidak membutuhkan banyak cahaya atau terlalu banyak panas. Anda bisa memanen bayam secara teratur dalam waktu 12 minggu.



☛ Sawi

Sawi merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat ditanam dimana saja termasuk dengan menggunakan media tanam hidroponik. Bahkan tanaman ini dapat menahan hujan, dan dapat tumbuh sepanjang tahun tanpa memandang musim.




☛ Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang dapat Anda tanam dengan menggunakan media tanam hidroponik. Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya bermanfaat untuk mencerahkan kulit.



☛ Selada

Selada adalah tanaman yang paling umum ditanam secara hidroponik, karena dapat tumbuh sangat cepat dalam sistem pertumbuhan ini. Perawatannya sama sekali tidak sulit. Tanaman ini sangat cocok untuk pemula di bidang penanaman hidroponik.



Apa Saja Jenis Sayur dan Buah yang Ditanam dengan Metode Hidroponik?




☛ Kubis

Kangkung cocok untuk budidaya hidroponik, karena bayam darat yang hidup di tempat kering akan membusuk jika ditanam di air. Kandungan nutrisi dan rasa kedua jenis kangkung tersebut tidak berbeda. Karena kangkung pada dasarnya hidup di daerah rawa, maka tidak perlu dipindahkan ke media hidroponik. 





☛ Blueberry

Di tempat asalnya di Amerika Utara, semak ini biasanya tumbuh liar. Blueberry membutuhkan kondisi tanah yang sangat asam, oleh karena itu tumbuh lebih baik dengan media hidroponik.



☛ Semangka

Sementara buah ini masih berkerabat dengan labu, melon dan ketimun. Budidaya buah ini cukup mudah, dan tidak sulit ditemukan di pasaran. Aneka olahan untuk es buah, jus, atau dimakan langsung. Meski tanaman ini termasuk tanaman merambat, tidak sedikit pula yang membudidayakannya dengan metode hidroponik.


Baca Juga : Cara Menanam Sayuran Hidroponik Menggunakan Botol Bekas Air Mineral


☛ Stroberi

Banyak petani yang beralih membudidayakan Strawberry menggunakan metode hidroponik dengan sistem tetes karena perawatannya lebih praktis. Selain itu, menanam strawberry dengan cara hidroponik cenderung menghasilkan Sayur dan Buah yang lebih banyak. Karena dengan hidroponik, tanaman bisa lebih banyak menyerap unsur hara. 


LihatTutupKomentar