hUmF2kFFNxUXpHWOJJD4ChZsbOGEuTjmm6eNDkYL

✔️ Prosedur Menanam Hidroponik Mudah

Bagi kamu yang ingin bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Maka berikut ini adalah infromasi terkait prosedur menanam hidroponik untuk kamu terapkan di rumah.


Langkah-Langkah Prosedur Menanam Hidroponik


Tentukan Lokasi


Langkah pertama adalah menentukan lokasi pipa hidroponik. Kamu bisa memilih tempat yang tertutup seperti di ruang bawah tanah. Pastikan dasar lantai rata agar cakupan air dan nutrisi bisa mengalir lancar dalam sistem pipa hidroponik.


Namun, jika kamu menghendaki lokasi di luar ruangan. Maka, pastikan ada penghalang angin. Prosedur Menanam Hidroponik selanjutnya dengan periksa ketinggian air lebih sering karena kehilangan air akibat penguapan.





Jika suhu dingin, maka taruh hidroponik ke dalam ruangan. Jika menempatkan sistem di ruang interior rumah Kamu, tambahkan lampu tumbuh untuk memberikan pencahayaan tambahan pada tanaman.


Prosedur Menanam Hidroponik dengan Merakit Sistem Hidroponik


Sistem ini terdiri dari enam tabung tumbuh yang terbuat dari pipa PVC 6", dudukan dan teralis yang terbuat dari PVC, tangki nutrisi 50 galon, pompa dan manifold. Tangki berada di bawah meja tabung, pompa duduk di dalam tangki untuk mendorong nutrisi.


Pada setiap tabung terdapat pipa pembuangan yang kembali mengarah ke tangki. Manifold duduk di atas pipa dan mengirimkan air bertekanan ke tabung.





Prosedur Menanam Hidroponik yang selanjutnya agar nutrisi sampai, maka air didorong melalui PVC dan manifold. Setelah itu, ditembakkan pada tabung plastil. Dengan begitu air akan mengalir pada tabung.


Tabung nutrisi dibuat kecill pada setiap tabung yang ditanami tanaman hidroponik. Nutrisi keluar lubang dan menyemprot akar tanaman. Pada saat yang sama, pancaran air membuat gelembung udara untuk mendapatkan oksigen.


Campur Nutrisi dan Air di dalam Tangki


Isi tangki 50 galon dengan air. Lalu, tambahkan nutrisi sebanyak 2 cangkir ke dalam tangki. Kamu juga bisa mengaturnya sesuai dengan saran pemakain pupuk yang ada di lebel kemasan. Lalu nyalakan pompa selama 30 menit agar nutrisi tercampur rata.


Tambahkan Tanaman ke Tabung Tumbuh


Aagar amu sukses dalam menanam tanaman hidroponik, sebaiknya kamu menggunakan bibit khusus. Bibit ini juga bisa kamu buat sendiri pada panen berikutnya.


Kunci Prosedur Menanam Hidroponik adalah memilih tanaman paling sehat yang dapat Kamu temukan dan kemudian singkirkan semua tanah dari akarnya. Untuk membersihkan kotoran dari akar, rendam bola akar dalam ember berisi air hangat hingga dingin.


Usahakan air yang menyirami dalam suhu stabil. Sebab jika terlalu dingin atau hangat bisa menjadi pemicu shosk pada tanaman. Pisahkan akar dengan lembut untuk mengeluarkan tanah. Hal ini agar tanah tidak menyumbat nutrisi di tabung.


Ikat Tanaman ke Teralis


Kamu perlu mengikat tanaman ke tralis yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan klip. Adanya tali ini untuk membantu dukungan agar tanaman merambat ke atas. Sekaligus untuk membantu memaksimalkan ruang.


Ikat tali dengan longgar ke bagian atas teralis,pasang klip dan tali ke pangkal setiap tanaman, dan gulung perlahan ujung tanaman di sekitar tali.


Nyalakan Pompa dan Pantau Sistem Setiap Hari


Prosedur Menanam Hidroponik berikutnya adalah dengan memantau ssitem perairan pada setiap harinya. Lakukan pemeriksaan 2 kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Pastikan bahwa tanaman hidroponik tidak sampai kekeringan.


Demikian prosedur menanam hidroponik untuk bisa kamu terapkan di rumah. Tahapan pada setiap prosedur yang simpel tentunya akan membuatmu semakin mudah untuk melakukan bercocok tanam dengan teknik hidroponik ini.

Related Posts
Kebo Sukses
Kumpulan Blog Paling Terbaik Sepajang Masa Seperti : Hidroponik Resep Makanan Otomotif Desain Rumah Ikan Hias

Related Posts

Facebook