-->

✔️ Cara Pemberian Nutrisi Tanaman Hidroponik

Cara Pemberian Nutrisi Tanaman Hidroponik Anda yang baru belajar bercocok tanam hidroponik pasti akan senang sekali melakukan kegiatan menanam yang satu ini. Anda bisa merasakan sensasi yang berbeda karena cara menanam tanaman hidroponik berbeda-beda. Namun yang perlu Anda ingat, dalam membudidayakan tanaman hidroponik salah satu faktor terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah nutrisi hidroponik.





Pertumbuhan Membuat Nutrisi Tanaman Hidroponik yang Anda tanam dengan metode hidroponik sangat bergantung pada nutrisi yang digunakan sebagai makanan utamanya. Anda yang punya uang bisa langsung datang ke toko pertanian untuk membeli nutrisi tanaman hidroponik. Namun masalahnya, banyak orang, terutama yang sedang belajar menanam tanaman hidroponik, tidak punya cukup uang untuk selalu membelinya.



Sedangkan untuk membuat nutrisi hidroponik sendiri tentunya tidak semudah mencampurkan tanah seperti biasanya. Anda harus mengetahui semua elemen yang ada di dalam bahan nutrisi dan mengetahui dosis yang tepat. Unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik adalah magnesium, nitrogen, sulfur, kalium, fosfor, kalsium, klor, mangan, besi, boron, seng dan molibdenum.



Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri



Bahan dan alat:

10 gr pupuk NPK 16-16-16

10 gr pupuk KCL

5 gr pupuk Gandasil D

10 l air sumur / sungai (deposit 10 hari jika menggunakan air ledeng)

3 gelas plastik digunakan untuk air mineral

1 ember dengan kapasitas 10 liter

keseimbangan

pengaduk

Cara membuat nutrisi hidroponik:

Isi tiga gelas plastik dengan 100 ml air

Larutkan pupuk NPK, KCL, dan Gandasil di setiap gelas. Larutkan sepenuhnya sampai tidak ada endapan.

Campurkan ketiga larutan tersebut ke dalam ember.

Tambahkan air hingga mencapai 10 L. Aduk hingga semua tercampur.

Cara pembuatan nutrisi hidroponik di atas cocok untuk pertumbuhan pucuk tanaman sayuran hidroponik, seperti sawi dan kangkung. Untuk cabai, Anda bisa menambahkan 10 gram pupuk urea. Untuk tanaman lain, seperti tomat, terong dan ketimun, Anda bisa menambahkan 15-20 urea ke dalam larutan. Untuk tahap pembungaan dan pemupukan, kurangi pupuk urea menjadi 50% dari dosis sebelumnya, tambahkan pupuk NPK 50%, dan ganti pupuk Gandasil D dengan Gandasil B.


Bagaimana Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Alami?


Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Alami

Bahan dan alat:

30 kg jerami / daun

1 karung kotoran ayam / kambing

1/2 karung dedak / dedak

100 gram gula merah

50 ml bioaktivator (EM1, EM4 atau GP-1)

kapasitas ember 100 L

selang aerator transparan dengan diameter 0,5 cm

Botol plastik 1 liter air mineral

air bersih



  • Jual Nutrisi Hidroponik

Bagi anda yang tidak ingin repot membuat Nutrisi Hidroponik seperti diatas, kami mempunyai produk Nutrisi Hidroponik yang bisa anda gunakan sebagai pupuk untuk tanaman hidroponik anda,


  • Campuran Serat Nutrisi Hidroponik yang Ampuh

Ferti-Mix adalah pupuk hidroponik yang diaduk khusus sesuai dengan Membuat Nutrisi Tanaman Hidroponik. Tanaman membutuhkan setidaknya 16 jenis unsur hara. Unsur hara ini terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu kelompok unsur hara makro dan kelompok unsur hara mikro. Unsur hara makro terdiri dari N, P, K, Ca, Mg dan S. 


Baca Juga : Bertanam Hidroponik Dengan Paralon


Sedangkan unsur hara mikro terdiri dari Fe, Mn, Mn, B, Cu dan Mo. Setiap jenis tanaman membutuhkan semua unsur hara tersebut namun dengan komposisi yang berbeda. Demikian yang dapat kami jelaskan, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.


LihatTutupKomentar